Siaga, WHO Peringatkan Dunia soal Virus Flu Burung

Siaga, WHO Peringatkan Dunia soal Virus Flu Burung

Waspada flu burung (Foto: Associated press)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan soal penyebaran yang begitu cepat kasus flu burung di seluruh dunia. Sejak November lalu, lebih dari 40 negara yang dilaporkan memiliki kasus virus flu burung. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Margaret Chan.

"Perkembangan pesat distribusi geografis wabah ini, serta jumlah virus yang beredar, WHO menempatkan kasus ini menjadi siaga tinggi," ungkap Chan,.

Ia menyerukan agar semua negara memantau wabah flu burung ini pada unggas dan manusia yang berpotensial. Memang sulit menyingkirkan kemungkinan manusia terinfeksi soal kasus ini.

Chan menyebutkan, penyebaran virus flu burung H7N9 menyebar di China pada 2013. Lebih dari seribu kasus dan angka kematian mencapai 38,5 perseb.

Penyebaran pun muncul baru-baru ini, seperti wabah H5N8 di Asia. Negara-negara lain yang baru terkena wabah flu burung termasuk Chili, Kroasia, Jepang, dan Taiwan.

Ada sebuah kasus tak terduga flu burung sejak Desember, Chan mengungkapkan. Ia meminta agar masyarakat internasional untuk melaporkan kasus yang terjadi di wilayah. Termasuk mereka yang memiliki potensial terjangkit virus flu burung. Demikian dikutip dari Zeenews, Selasa (24/1/2017).

(hel)

Baca Juga

Berendam Air Hangat Bisa Cegah Penyakit Infeksi Kulit

Berendam Air Hangat Bisa Cegah Penyakit Infeksi Kulit