7 Kebiasaan Buruk Ini Merusak Fungsi Ginjal dengan Cepat

7 Kebiasaan Buruk Ini Merusak Fungsi Ginjal dengan Cepat

Ilustrasi (Foto: Newhealthadvisor)

GINJAL memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya seperti organ lain. Ginjal dapat menyaring limbah dan kelebihan cairan dalam tubuh, serta membantu sirkulasi dan tekanan darah.

Ginjal juga menunjang kesehatan tulang dan fungsi tubuh lainnya agar bekerja secara efektif. Namun, beberapa kegiatan bisa membuat kerja ginjal kian buruk. Maka dari itu, hindari 7 kebiasaan yang dapat merusak ginjal dengan cepat, dikutip dari laman, Pulse, Selasa (24/1/2017).

Tidak minum cukup air

Ginjal perlu asupan air. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras dan akhirnya bisa merusak fungsinya.

Enggan pipis

Tubuh perlu mengeluarkan racun-racunnya di dalam tubuh. Menyimpan urin terlalu lama di dalam kandung kemih dapat merusak ginjal.

Diet protein tinggi

Konsumsin makanan yang mengandung protein tinggi dapat merusak ginjal dan akhirnya dapat membuat ginjal bekerja keras. Bila terjadi terus menerus, hal ini dapat membuat kerja ginjal aus.

Merokok

Penumpukan racun di dalam tubuh akibat rokok, bisa berdampak pula pada kerja ginjal. Merokok secara berlebihan memberi dampak pada kerusakan ginjal permanen dengan cepat.

Asupan tinggi garam

Konsumsi garam secara berlebihan juga dapat merusak ginjal. Pencegahan adalah jalan terbaik untuk melindungi fungsi dan kesehatan ginjal. Jangan lupa jaga kadar garam dari makanan Anda.

Terlalu banyak kafein

Bagi Anda pecinta kopi, batasilah konsumsi kafein mulai sekarang. Akumulasi kafein memungkinkan kerusakan pada fungsi ginjal.

Kelebihan analgesik

Menyalahgunakan obat penghilang rasa sakit dapat berakibat pada kerusakan pada ginjal. Konsumsi analgesik dibutuhkan ketika obat tersebut diresepkan oleh dokter.

(hel)

Baca Juga

Saling Memijat Ternyata Bisa Membahagiakan Pasangan Anda

Saling Memijat Ternyata Bisa Membahagiakan Pasangan Anda