Terjebak dalam Situasi Canggung dengan Mertua? Hadapi dengan Ini

Terjebak dalam Situasi Canggung dengan Mertua? Hadapi dengan Ini

Berdamai dengan mertua (Foto: Huffingtonpost)

DALAM kehidupan rumah tangga, ada saja masalah yang muncul. Termasuk tidak akur dengan mertua. Lalu apa yang harus dilakukan jika menghadapi situasi ini?

Newlyweds Expert atau yang kerap menangani persoalan pengantin baru asal Amerika Serikat, Fransesca Di Meglio mengatakan, ketika menikah dengan seseorang, artinya Anda harus ‘menikahi’ keluarganya juga. Sehingga meski Anda hanya menyukai istri Anda, Anda memiliki kewajiban untuk berusaha bersikap baik dengan keluarganya.

“Demi istri Anda, Anda harus mencoba untuk berkomunikasi dengan mertua dan menjelaskan apa yang telah mengganggu Anda,” ujar Fransesca seperti dikutip dari About, Selasa (31/1/2017).

Ia menyarankan Anda untuk membuat resolusi yang mungkin sebenarnya tidak Anda inginkan. Namun itu bukan berarti Anda harus pura-pura memaafkan mereka. Buat resolusi yang sedikit ekstrem.

Anda dapat menjaga jarak dari mertua dengan tidak harus selalu bergabung ketika istri Anda ingin bertemu dengan mereka. Anda dan istri bisa menyepakati kapan Anda harus datang ke acara keluarga dan kapan tidak harus ke sana.

Misalnya Anda dan istri sepakat bahwa Anda hanya akan bergabung dalam acara keluarga yang penting. Sedangkan untuk acara ulang tahun keponakan, Anda tak perlu selalu datang untuk menghindari situasi yang panas.

Meski tidak harus berpartisipasi dalam setiap acara, Anda tetap harus beradab dan tidak menyimpan dendam pada mereka. Karena kebencian yang terpendam dapat menyebabkan ketegangan dan bisa berdampak pada pernikahan Anda.

“Di sisi lain, ini tidak berarti Anda harus menjadi teman terbaik mertua. Anda hanya harus menghormati satu sama lain,” lanjut Fransesca.

Selain itu, Anda harus tetap berhati-hati dan menjaga mulut di depan istri sendiri. Jangan mengeluarkan kata-kata yang buruk dan mengkritik keluarga istri. Ucapkan kritikan Anda dengan kata-kata yang lebih halus supaya istri Anda tidak tersinggung. Karena bagaimana pun, keluarganya adalah sesuatu yang berharga baginya. Anda hanya harus belajar untuk hidup damai dengan mereka.

(vin)

Baca Juga

Tradisi Paling Dirindukan saat Lebaran

Tradisi Paling Dirindukan saat Lebaran