Yuk, Mulai Hari Ini Biasakan Makan Bersama Keluarga, Ini Manfaatnya

Yuk, Mulai Hari Ini Biasakan Makan Bersama Keluarga, Ini Manfaatnya

Makan bersama keluarga (Foto: Squarespace)

KEBIASAAN sarapan bersama keluarga rupanya tidak hanya soal kebersamaan. Tapi ada manfaat lain yang lebih besar dalam pembentukan karakter anak.

Jika Anda adalah ibu yang bekerja di kantoran, meluangkan waktu untuk sarapan bersama mungkin adalah hal yang berat. Karena di sisi lain, Anda harus memasak, membereskan rumah, dan mengurus segala hal terkait pekerjaan. Karena itu, Anda hanya bisa menyediakan sarapan dan menyuruh anak-anak melahap sarapannya, sementara Anda membereskan urusan yang lain.

Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana mengatakan, tidak masalah jika kondisinya memang demikian. Namun, Anda harus menggantinya pada waktu makan siang atau makan malam. Vera juga menjelaskan bahwa kebiasaan sarapan bersama tidak hanya bagus jika dilihat dari aspek kesehatan dan gizi, melainkan berkontribusi dalam pembentukan karakter anak yang siap menghadapi tantangan sepanjang hari dan membentuk generasi yang berkualitas.

"Lihat manfaat lain dari sarapan bersama. Ada disiplin, bisa mengungkapkan apa yang dia mau, latihan negosiasi, dan menahan emosinya supaya tidak ngotot," jelas Vera saat ditemui usai kampanye Ayo Bangun Indonesia di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/217).

Dari sarapan atau makan bersama, Vera mengatakan banyak pengalaman yang bisa diambil hikmahnya oleh orangtua atau anak-anak sendiri. Untuk melatih kedisiplinan misalnya, biasakan anak fokus makan dan selesai tidak lebih dari 30 menit. Hal ini akan membuat anak lebih cepat menyelesaikan makanan tanpa menunda-menunda.

"Selesai tidak selesai piring ditarik. Kalau makanan enggak habis, enggak boleh ngemil, harus menunggu makan berikutnya," ujar Vera.

Dari kegiatan makan pula, orangtua bisa mengajarkan anak-anak bagaimana menghormati orang lain yang ada di sekitarnya. Sehingga, tidak menjadi orang yang asyik dengan dunianya sendiri dan mampu berkomunikasi lebih baik pada orang lain.

"Jadi dari kegiatan makan banyak hal yang didapatkan. Melatih rasa disiplin, sampai aturan menghormati orang lain," pungkas psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

(vin)

Baca Juga

Tradisi Paling Dirindukan saat Lebaran

Tradisi Paling Dirindukan saat Lebaran