Tak Biasa Makan Bersama Keluarga, Lakukan Ini sebagai Gantinya!

Tak Biasa Makan Bersama Keluarga, Lakukan Ini sebagai Gantinya!

Keluarga bahagia (Foto: Housewifeworld)

MAKAN bersama keluarga memiliki segudang manfaat untuk pertumbuhan otak dan pembentukan karakter si kecil. Namun, jika Anda tak bisa melakukannya setiap sarapan, Anda bisa menggantinya dengan hal lainnya.

Tidak sedikit ibu muda yang kesulitan sarapan bersama anak-anaknya. Sebab, kesibukan sebagai wanita karier juga menuntutnya untuk bisa melakukan aktivitas lainnya. Namun menurut Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana, ini bukanlah suatu masalah.

"Enggak masalah seperti itu. Ibu sambil berkeliling ruangan yang penting ada dalam satu ruangan. Ibu yang menyiapkan sarapan," terang Vera saat ditemui Okezone di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2017).

Vera menambahkan bahwa sarapan tidak bisa selalu dikaitkan dengan kebersamaan. Tetapi menitikberatkan pada perkembangan karakter agar anak disiplin dan teratur. Karena tidak semua ibu bisa menyempatkan waktunya untuk sarapan bersama.

Namun jika tidak sempat sarapan bersama, menurut Vera, kebersamaan bisa diciptakan saat makan malam. Dengan saling berbagi cerita di meja makan, ikatan batin antara orangtua dan anak semakin kuat.

Sementara untuk orang-orang yang tidak bisa menemani anak makan malam atau membacakan dongeng sebelum tidur, Anda harus menyempatkan makan bersama di pagi harinya. Sempat tidak sempat, Anda harus meluangkan waktu setidaknya satu kali makan bersama dengan anak setiap harinya.

"Pasti ada deh (makan bersama). Di awal harus ada komitmen dulu untuk meluangkan waktu makan bersama," pungkas Vera.

(vin)

Baca Juga

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum <i>Booking Wedding Vendor</i>

Sibuk Siapkan Pernikahan, Jawab Ini Dulu Sebelum Booking Wedding Vendor