CATAT! Nih Bahaya Gula Pasir bagi Kesehatan

CATAT! Nih Bahaya Gula Pasir bagi Kesehatan

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

GULA pasir mengandung tinggi glukosa yang sulit dipecah oleh pankreas. Akibatnya, bila dikonsumsi berlebihan menyebabkan gangguan gula darah yang memicu diabetes.

Spesialis Penyakit Dalam dari RS Tebet dr Mulyani Anny Suryani Gultom SpPD menjelaskan, gula pasir tak lepas dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Tapi sayangnya, orang tidak mengukur asupan gula yang tepat untuk kesehatannya.

"Tentu semua yang dimakan berlebihan itu tidak baik. Termasuk gula pasir, bisa merusak organ pankreas dan merusak kadar gula darah dalam tubuh," terang dr Ani saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dia menambahkan, gula pasir mengandung glukosa yang lama dipecah oleh sistem pencernaan. Sehingga, timbullah risiko penyumbatan lemak dalam tubuh yang mengganggu kesehatan.

Disarankan dokter, setiap orang harus membatasi konsumsi gula harian. Anda tidak boleh mengonsumsi gula tidak lebih dari 50 gram atau setara empat sendok makan.

"Makanan manis yang dikonsumsi berlebihan tentu memicu banyak penyakit. Salah satu yang paling banyak dialami saat ini yakni diabetes," tukasnya.

(hel)

Baca Juga

Muffin, Cemilan Lebaran Penurun Kolesterol

Muffin, Cemilan Lebaran Penurun Kolesterol