VALENTINE 2017: Berbagi Cokelat Bantu Pertajam Daya Ingat Orang Lain

VALENTINE 2017: Berbagi Cokelat Bantu Pertajam Daya Ingat Orang Lain

Ilustrasi (Foto: Knowmore)

TAK ada salahnya Anda berbagi cokelat bar dengan kerabat di Hari Valentine. Beragam manfaatnya bisa Anda dapatnya, termasuk meningkatkan kesehatan otak lho.

Georgie Crichton dari Sansom Institut Kesehatan di University of South Australia mengatakan, cokelat atau kakao mengandung tinggin flavanol yang melindungi manusia dari gangguan mental. Orang yang makan cokelat setidaknya sekali seminggu lebih memiliki daya ingat yang tajam, dibandingkan dengan mereka yang jarang makan cokelat.

Dalam studinya, Georgie melibatkan 968 orang dewasa untuk membuktikan manfaat cokelat tersebut. Dia dan timnya menggunakan tes untuk mengukur kinerja otak pada orang yang makan cokelat secara teratur.

Para responden melakukan tes memori verbal, scanning dan pelacakan, memori visual-spasial dan penalaran abstrak. Begitu juga dengan kemampuan untuk mengingat daftar kata atau mengingat di mana satu obyek ditempatkan.

Para peneliti mengatakan, cokelat memiliki 20 persen flavanol yang bertanggung jawab untuk melindungi penurunan daya ingat, terkait pula dengan usia. Tidak hanya itu, cokelat juga mengandung kafein dan theobromine, yang keduanya telah dikaitkan dengan peningkatan keterampilan kewaspadaan dan mental.

Georgie menyebutkan, jumlah kakao dalam cokelat susu sekira tujuh sampai 15 persen, dan pada cokelat hitam mengandung 30-70 persen kakao.

"Tentu saja asupan cokelat harus dipertimbangkan dalam pola makan sehat secara keseluruhan, dengan pertimbangan diberikan kepada total asupan energi dan kebutuhan energi individu," katanya.

Tentu jika Anda ingin berbagi cokelat, pilih jenisnya yang murni dan bebas gula agar tidak berisiko dengan penyakit lainnya. Demikian dikutip WebMD, Selasa (14/2/2017).

(hel)

Baca Juga

Selain Genetik, Punya Jenggot dan Kumis Sedikit Pertanda Pria Tidak Subur?

Selain Genetik, Punya Jenggot dan Kumis Sedikit Pertanda Pria Tidak Subur?