HARI KANKER ANAK SEDUNIA 2017: 8 Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Anak

HARI KANKER ANAK SEDUNIA 2017: 8 Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Anak

Ilustrasi (Foto: Medica

KANKER bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun, jenis-jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak-anak berbeda dari orang dewasa.

Dalam beberapa kasus tertentu, anak-anak bisa saja memiliki kanker yang ada pada orang dewasa. Di Hari Kanker Anak Sedunia ini, orangtua perlu tahu jenis kanker apa saja yang bisa dialami anak-anak. Mengutip laman Cancer, Rabu (15/2/2017), berikut deretan jenis kanker yang umum diidap oleh anak.

Leukimia

Kanker ini menyerang sumsum tulang dan darah. Kanker jenis ini menyumbang sekira 30 persen dari semua kanker pada anak-anak. Jenis leukimia yang paling umum diidap anak adalah leukimia akut limfositik dan leukemia myelogenous akut. Leukumia dapat menyebabkan nyeri tulang dan sendi, kelelahan, kelemahan, kulit pucat, pendarahan atau memar, demam, penurunan berat badan, dan gejala lainnya.

Kanker otak

Tumor dan kanker otak merupakan jenis kanker paling umum pada anak-anak. Biasanya kanker yang menyerang sistem saraf pusat ini dialami sekira 26 persen anak penderita kanker. Biasanya dimulai dengan tumor yang berkembang pada bagian bawah otak. Tumor ini menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, penglihatan kabut, kejang, kesulitan berjalan, dan gejala lainnya.

Neuroblastoma

Kanker ini menyerang sel-sel saraf anak. Sekira 6 persen kanker dialami oleh penderita kanker anak. Neuroblastoma bisa dimulai pada bagian perut dan ditandai dengan pembengkakan, yang menyebabkan nyeri tulang dan demam.

Tumor wilms

Biasa disebut nefroblastoma. Tumor ganas atau kanker ini menyerang ginjal dan bisa ditemui pada anak berusia 3-4 tahun. Gejala awal ditandai dengan demam, nyeri, mual, serta kurang nafsu makan. Tumor Wilms terjadi pada 5 persen anak kanker

(hel)
1 / 2

Baca Juga

<i>Guys</i>, Terlalu Sering Nge-<i>Gym</i> <i>Bikin</i> Libido Seks Sulit Memuncak

Guys, Terlalu Sering Nge-Gym Bikin Libido Seks Sulit Memuncak