Alasan Kenapa Telur Tak Segar Punya Bau yang Euuggh.

Alasan Kenapa Telur Tak Segar Punya Bau yang Euuggh.

Telur busuk baunya tidak enak (Foto:Imgid)


SEMUA orang tampaknya pernah membeli dan mengolah telur meskipun memang tidak semuanya pernah menemukan telur yang tak segar alias busuk. Tahukah Anda kenapa telur busuk punya bau yang menjijikan?

Dilansir dari TheDailyMeal, Kamis (16/2/2017) ternyata ada penjelasan ilmiah kenapa telur busuk punya bau yang menjijikan dan euugh tak jarang membuat mual. Bau busuk telur yang tak segar akan mudah dikenali dan punya tipe bau yang khas yang tak dimiliki bahan makanan lain.

Ternyata penyebab bau ini bisa dijabarkan secara ilmiah. Telur memiliki kandungan dua jenis protein yang sangat tinggi yakni globulin dan keratin. Ketika globulin mulai mebusuk maka kandungan kimianya yang sudah beracun akan dilepaskan. Zat kinia ini biasa disebut hydrogen sulfida yang punya bau menyengat yang kuat.

Sementara itu hal yang sama juga dihasilkan keratin yang melepaskan asam amino yang disebut Sistein. Keduanya menghasilkan aroma belerang yang sangat kuat sehingga membuat telur punya bau yang menyebalkan saat sudah tidak segar.

Meski termasuk bahan makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama, telur juga membutuhkan penanganan khusus agar tidak cepat membusuk. Caranya adalah menyimpan telur dalam karton dan meletakkannya di dalam lemari es. Jika telur berada di suhu dingin dan konstan maka kesegarannya akan bertahan semakin lama.

(ndr)
Berita Rekomendasi Telur busuk

Baca Juga

RESEP PILIHAN: <i>Bikin</i> Roti Manis 3 Rasa Teman Minum Teh

RESEP PILIHAN: Bikin Roti Manis 3 Rasa Teman Minum Teh