FOOD STORY: Asal Usul Muffin, Kue Mungil yang Legit

FOOD STORY: Asal Usul Muffin, Kue Mungil yang Legit

Muasal muffin (Foto:Marthastewart)

MUFFIN bukan lagi jenis kue yang sulit ditemui. Hampir semua toko kue menyediakan pilihan menu muffin dengan berbagai varian rasa. Tapi Tahukah Anda bagaimana asal usul muffin dan bagaimana sejarahnya?

Dilansir dari FoodReference, Kamis (16/2/2017) muffin adalah satu jenis kue yang berasal dari Inggris. Kue ini pertama kali dibuat pada kisaran abad ke-10 dan ke-11 di Wales. Saat itu muffin banyak dijajakan oleh pedagang tradisional dengan diletakkan di dalam keranjang yang ditaruh di atas kepala.

Asal kata muffin berasal dari Moofin yang disebut-sebut pada awal tahun 1700-an. Kata moofin ini berasal dari bahasa Jerman, Muffen. Muffen berasal dari kata Muffe yang artinya kue kecil, sementara banyak orang juga menyebutnya dengan Moufflet yang artinya lembut.

Muffin awalnya dibuat menggunakan cetakan khusus berbentuk mangkuk. Adonan muffin hampir sama dengan adonan roti pada umumnya namun ditambahkan ragi dalam jumlah cukup banyak sehingga membuatnya lebih ringan dan lebih lembut dibandingkan roti.

Awalnya muffin dibuat dengan menambahkan pearlash yakni bahan tambahan yang berfungsi membuat tekstur muffin lebih lembut dan empuk. Hingga akhir abad ke -18, bahan ini masih digunakan hingga akhirnya sekarang digantikan oleh peran baking powder.

Dulu muffin tidak banyak dikreasikan karena hanya memiliki satu varian rasa, lain dengan saat ini. Sekarang muffin banyak dikreasikan jadi makanan yang beragam mulai ditambahkan cokelat, keju, hingga muffin gurih dengan rasa kari.

Karena bentuknya yang mirip, muffin dan cupcakes banyak dikaitkan. Keduanya memang tak bisa dipisahkan dan saling terkait meskipun berasal dari jenis yang berbeda. Cupcakes pertama kali disebut pada 1828, jauh setelah muffin populer.

(ndr)

Baca Juga

<i>Wah</i>, kalau Spaghetinya Sebanyak Ini, Bisa Buat Orang Sekampung <i>Neh!</i>

Wah, kalau Spaghetinya Sebanyak Ini, Bisa Buat Orang Sekampung Neh!