Belut Serundeng, Kuliner Wajib Dicicipi saat Wisata ke Suramadu

Belut Serundeng, Kuliner Wajib Dicicipi saat Wisata ke Suramadu

Belut serundeng (Foto:Syaifulislam/Okezone)

 

BELUT sudah menjadi salah satu menu favorit masyarakat saat ini. Beragam macam olahan belut yang disajikan pada sebuah rumah makan. Seperti belut goreng, belut bumbu, dan belut krispi.

Namun, ada satu lagi masakan belut yang bikin perut lapar ketika melihatnya yakni belut serundeng. Belut yang dimasak dengan bumbu khusus dan dicampur parutan kelapa ini menjadi buruan masyarakat.

Sebab belut serundeng mempunyai rasa nikmat yang khas. Sehingga bagi masyarakat yang berkunjung ke Suramadu alangkah baiknya mencicipi belut serundeng, sebelum balik lagi ke rumah. Pasalnya, sayang bila dilewati begitu saja tanpa lebih dulu mencicipi.

“Rasanya belut serundeng sangat nikmat. Aku yang merupakan penggemar belut sudah mencoba pada sejumlah warung, namun belut serundeng yang paling enak,” terang salah satu penikmat belut serundeng, H Nurul Bayan, Rabu (15/2/2017).

Menurut Bayan, saat digigit daging belutnya terasa kenyal dan segar. Bumbunya pun meresap pada daging belut, sehingga ketika dimakan bumbunya sangat terasa. Rasa yang khas ini membuat dirinya ketagihan pada belut serundeng.

“Setiap minggu saya bersama teman-teman datang kesini untuk menikmati belut serundeng, karena rasanya bikin saya ketagihan,” papar pria yang pernah menjadi TKI di Arab Saudi ini pada Okezone.

 

Sementara itu, pemilik warung HQQ yang menyediakan menu belut serundeng ini, Syafii, menyatakan dirinya memang membuat belut serundeng karena ingin berbeda dengan warung lain. Karena pada umumnya belut dimasak dengan cara digoreng, krispi maupun bumbu.

“Tapi, disini saya mencoba memasak belut serundeng. Alhamdulillah ternyata minat dari masyarakat cukup bagus. Banyak pembeli yang cocok dengan belut serundeng. Harga belut serundeng cukup terjangkau hanya Rp20 ribu per porsi plus minumnya,” ucap Syafii.

Jika pembeli ingin selera yang lain, sambung Syafii, dirinya juga menyediakan bebek goreng serundeng dan ayam goreng serundeng. Warung HQQ ini buka dari jam 07.00 WIB dan tutup hingga pukul 02.00 WIB.

“Jadi jika ada warga yang ingin makan malam-malam, kami masih buka. Untuk menu bebek serundeng saya, rasanya beda dengan yang lain. Lalu sambelnya ada dua macam, sambel pencet dan sambel biasa. Orang yang makan bebek disini juga banyak yang ketagihan,” tandasnya.

Warung HQQ sendiri terletak di Jalan Raya Temor Lorong, Kecamatan Burneh, atau tepatnya sebelah barat dari pintu masuk atau keluar akses Suramadu Tangkel yang berjarak sekitar 200 meter. Anda penasaran? Silahkan mencoba saat berwisata ke Jembatan Suramadu.

(ndr)
Berita Rekomendasi Belut serundeng

Baca Juga

FOOD PARTY: Beda Daerah Beda Juga Sajian Sayur Asemnya, Mulai dari Sunda hingga Aceh Kenali Ragamnya

FOOD PARTY: Beda Daerah Beda Juga Sajian Sayur Asemnya, Mulai dari Sunda hingga Aceh Kenali Ragamnya