Bukan Hanya dari Kedelai, Kenali 5 Jenis Tempe Lain Khas Indonesia

Bukan Hanya dari Kedelai, Kenali 5 Jenis Tempe Lain Khas Indonesia

Tempe dari kacang kedelai (Foto:Natureresto)

TEMPE merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Sumber protein nabati ini ternyata punya jenis yang beragam lho. Jangan makan tempe yang itu-itu saja, kenali jenis-jenis tempe lain yang juga cukup populer di Tanah Air.

Beragam masakan bisa dibuat dengan menggunakan tempe. Tapi kebanyakan orang hanya menggunakan satu jenis tempe saja padahal di pasaran banyak varian tempe yang juga tak kalah nikmatnya dengan tempe biasa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima jenis tempe yang harus dikenali, Kamis (16/2/2017).

Tempe kedelai

Jenis tempe yang satu ini adalah yang paling banyak ditemui di pasaran dan yang paling banyak digunakan sebagai bahan olahan makanan. Bahan baku tempe ini adalah kacang kedelai yang dibubuhi ragi dan difermentasi selama beberapa hari hingga menjadi tempe.

 

Tempe koro

Sesuai dengan namanya, tempe ini terbuat dari kacang koro. Saat ini memang sudah sedikit orang yang membuat tempe koro, dahulu tempe ini dijadikan santapan sehari-hari. Tempe koro ini sebenarnya mengandung senyawa alami asam sianida tetapi proses perendaman dan pencucian berulang kali membuat kandungan racun ini hilang. Ada penampilan berbeda pada tempe koro karena kacangnya berwarna hitam dan punya rasa pahit yang tipis.

(burpple)

Tempe kacang hijau

Beberapa tempat di Yogyakarta memproduksi tempe kacang hijau. Meski jumlahnya tidak sebanyak tempe kedelai tapi banyak orang yang mengolah tempe kacang hijau menjadi beraneka masakan tradisional. Bentuk kacang yang kecil dan bertekstur agak keras membuat tempe kacang kedelai puntya rasa dan tekstur yang khas.

 

(jitunews)

Tempe gembus

Tempe yang satu ini tidak dibuat dari kacang-kacangan melainkan dari ampas tahu. Tempe gembus punya tekstur lembut dan berwarna putih. Tempe jenis ini masih cukup mudah ditemui di pasar tradisional di beberapa daerah. Bentuk tempe gembus bulat memanjang atau persegi empat dengan ukuran yang kecil.

Tempe lamtoro

Tempe lamtoro terbuat dari biji lamtoro. Tempe lamtoro memiliki tekstur yang panjang dan memiliki warna khas yang unik yakni hijau. Rasa yang dihasilkan tempe ini juga unik karena terasa lemak nabati dari kulit biji lamtoro.

(uny)

(ndr)

Baca Juga

<i>Wah</i>, kalau Spaghetinya Sebanyak Ini, Bisa Buat Orang Sekampung <i>Neh!</i>

Wah, kalau Spaghetinya Sebanyak Ini, Bisa Buat Orang Sekampung Neh!