Kenali Ciri Khas Kain Tenun dan Songket Betawi

Kenali Ciri Khas Kain Tenun dan Songket Betawi

Ilustrasi tenun dan songket (Foto: Google Image)

BETAWI tak hanya dikenal dengan kain batiknya, namun kini ada wastra lain yang berusaha untuk dikembangkan, yaitu tenun dan songket. Adalah Anna Mariana, seorang desainer, kolektor, pemerhati dan pengembang kain songket, yang dianggap berhasil menciptakan kain songket dan tenun Betawi yang tak kalah memiliki keunikan.

Bicara tenun dan songket, sebenarnya di beberapa provinsi di Indonesia sudah ada yang memiliki ciri khas kain tenun dan songket sendiri. Lantas, seperti apa ciri khas tenun dan songket Betawi yang dikembangkan Anna?

“Sebenarnya dari segi pembuatan sama seperti dari daerah lainnya. Saya mengembangkan tenun dan songket dengan motif dan ciri khas sesuai ikon Jakarta, yaitu adanya ornamen ondel-ondel, Monas, corak bunga, berkolaborasi dengan desain yang saya kembangkan,” tutur Anna Mariana yang ditemui di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

(Foto: Annisa / Okezone)

Dari segi warna, wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Sejarah Kain Tenun Nusantara itu menuturkan jika tenun dan songket Betawi memiliki rentang warna yang cukup cerah. Ia menciptakan warna terang dan cerah agar dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat.

“Tidak ada spesifik warna, makin cerah makin bagus. Karena anak-anak muda juga suka dengan warna-warna tersebut,” ujarnya.

(dno)

Baca Juga

Mau Kelihatan Lebih Muda? Coba Pakai Busana Warna <i>Bold</i>

Mau Kelihatan Lebih Muda? Coba Pakai Busana Warna Bold