Yuk Kenali Ragam Manfaat Stroberi untuk Kecantikan

Yuk Kenali Ragam Manfaat Stroberi untuk Kecantikan

Manfaat stroberi untuk kecantikan (Foto: Fitfemmemagz)

JANGAN meremehkan stroberi hanya sebagai buah penghias atau karena rasa asamnya yang membuat Anda mengernyitkan dahi. Karena ternyata, kandungan dalam stroberi sesungguhnya sangat bermanfaat lho untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari stroberi? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Memperlambat penuaan

Vitamin C dan antioksidan yang ada dalam stroberi dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu buah ini membantu mencegah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas yang juga merupakan penyebab utama cepatnya penuaan.

Pun likopen yang ada dalam stroberi membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit. Selain dikonsumsi, Anda dapat menggunakannya untuk dijadikan masker wajah untuk mendapatkan manfaat antipenuaan.

Caranya, siapkan ½ cangkir stroberi yang telah lumat, dan campurkan dengan satu sendok teh madu dan dua sendok teh krim susu hingga seperti pasta. Kemudian, oleskan pasta ini seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20 sampai 25 menit, lalu cuci dengan air dingin dan keringkan.

Eksfoliasi kulit

Stroberi juga bisa dimanfaatkan untuk pengelupasan atau eksfoliasi kulit yang alami. Vitamin C dan salisilat yang terdapat dalam asam stroberi mampu mengangkat sel kulit mati, sebum berlebih dan kotoran lainnya dari kulit. Selain itu, stroberi juga mampu memelihara kesehatan semua jenis kulit.

Cukup hancurkan beberapa stroberi menjadi pasta. Lalu campurkan gula dan minyak zaitun untuk dijadikan scrub kemudian oleskan pada kulit dan pijat lembut dengan gerakan memutar. Tunggu 15 menit kemudian bilas sembari mandi.

Mengurangi mata bengkak

Kandungan antiinflamasi juga terdapat pada stroberi yang membantu menyingkirkan bengkak di bawah mata. Mudah saja merasakan manfaatnya, dinginkan satu atau dua stroberi besar sesuai kebutuhan di dalam kulkas selama 20 sampai 30 menit. Kemudian potong menjadi irisan tebal dan tempelkan pada mata. tunggu hingga 10 menit, lepas irisan dan cuci wajah Anda dengan air dingin.

Menumbuhkan kuku

Biotin yang ampuh untuk menumbuhkan kuku juga terdapat pada stroberi. Biotin mendorong pertumbuhan kuku dengan meningkatkan keratin. Vitamin C dan asam folat dalam stroberi juga membantu dalam pertumbuhan kuku yang sehat.

Jika Anda memiliki kuku yang mudah patah, stroberi bisa dimasukkan ke dalam salah satu buah favorit untuk diet Anda. Mulailah untuk rutin mengonsumsi segenggam stroberi matang sebagai snack sehat. Anda juga dapat menambahkan stroberi untuk yogurt, smoothies atau salad. Demikian dilansir Top10HomeRemedies, Kamis (15/2/2017).

(dno)

Baca Juga

Rutin Pakai Pelembap dan Tabir Surya, Cara Merawat Kulit untuk Remaja

Rutin Pakai Pelembap dan Tabir Surya, Cara Merawat Kulit untuk Remaja