Cara Menjaga Kesehatan Rambut agar Tidak Mudah Rontok saat Musim Hujan

Cara Menjaga Kesehatan Rambut agar Tidak Mudah Rontok saat Musim Hujan

Cara menjaga kesehatan rambut (Foto: Healthcuretips)

MUSIM hujan sudah kembali datang mengguyur kota Jakarta dan Indonesia secara keseluruhan. Saat musim hujan yang dingin, basah, dan lembap ini. Tidak hanya perawatan soal kulit wajah dan tubuh saja loh yang harus diperhatikan, perawatan soal kesehatan rambut juga penting diperhatikan.

Mengapa? Karena musim hujan yang kerap membuat rambut menjadi lepek, bisa meningkatkan resiko kerontokan rambut tentunya karena rambut selalu basah dan rapuh.

Penasaran apa yang harus dilakukan untuk menghindari kerontokan rambut di musim hujan? Baca ulasannya berikut ini, seperti dilansir Rewardme, Kamis (16/2/2017).

Hindari rambut yang basah

Cara pertama untuk menghindari rambut jadi patah dan rontok ialah sebisa mungkin rambut terus dibiarkan kering. Jika terpaksa harus kehujanan dan rambut menjadi basah, langsung keringkan secara maksimal hingga rambut benar-benar mengering. Rambut yang lepek dan basah akan meningkatkan resiko helai-helai rambut menjadi rontok.

Kurangi pemakaian produk styling rambut

Udara luar yang sudah lembap tidak lagi perlu ditambah dengan pemakaian produk styling rambut yang mengandung zat kimia. Pemakaian aneka produk styling rambut hanya akan membuat risiko rambut menjadi berminyak, lengket, dan kulit kepala kotor menjadi bertambah. Tidak hanya rontok, ketombe pun akan lebih mudah datang.

Konsumsi makanan tinggi protein

Untuk membantu menyehatkan dari dalam, perbanyak konsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, ikan salmon, dan wortel yang tinggi akn kandungan protein. Protein mampu menguatkan folikel-folikel rambut yang berguna untuk mencegah kerontokan rambut saat musim hujan.

Gunakan mild shampoo

Ketimbang menggunakan sampo dengan kandungan formula yang berat dan terlalu banyak, untuk di musim hujan disarankan lebih baik memilih sampo berjenis mild shampoo yang efektif memberikan nutrisi dan baik untuk rambut. Tidak hanya menguatkan akar dan batang helai rambut, sampo jenis ini juga membuat rambut tetap sehat berkilauan.

Kondisioner

Sempurnakan perawatan mencuci rambut tidak hanya dengan penggunaan mild shampoo, tetapi juga dengan pemakaian deep cleansing conditioner yang akan membantu kondisi rambut agar tetap normal walau ditempa musim hujan.

Hindari mengikat rambut

Jangan pernah sekali-kali untuk menyisir dan mengikat rambut yang masih dalam keadaan basah. Rambut yang basah artinya masih dalam keadaan rapuh, jika tertarik oleh sisir dan karet pengikat rambut, maka risiko rambut yang akan rontok akan jauh lebih banyak.

(dno)

Baca Juga

Kombinasi Kunyit dan Madu Bisa Bikin Rambut Lebih Lebat

Kombinasi Kunyit dan Madu Bisa Bikin Rambut Lebih Lebat