Perawatan Kulit untuk Atasi Penuaan pada Usia 20 dan 30-an

Perawatan Kulit untuk Atasi Penuaan pada Usia 20 dan 30-an

Perawatan kulit di usia muda (Foto: Bustle)

POLA hidup yang tidak sehat dapat merangsang kinerja kolagen lebih cepat hilang. Sehingga masalah penuaan pun tak bisa dihindari.

Wajah akan terlihat lebih kusam, muncul noda hitam, timbul keriput bahkan garis-garis halus di wajah adalah beberapa tanda penuaan yang terjadi. Inilah yang membuat seseorang terlihat lebih tua dibandingkan usia sesungguhnya. Tak ayal jika masalah penuaan dini bisa terjadi sejak usia 25 tahun, lantas bagaimana trik mencegah atau memperlambatnya?

"Pencegahan yang paling rutin, pertama menggunakan tabir surya. Kalau malam bisa menggunakan pelembap," tutur dr Eddy Karta, SpKK, yang ditemui di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Perihal kandungan yang terdapat dalam pelembap, perlu disesuaikan dengan kondisi kulit setiap orang. Pasalnya, tidak semua orang berusia 20-an sudah mengalami penuaan dini.

"Usia 20-an masih opsional, tergantung gaya hidupnya. Kalau misalnya mereka aktivitasnya tidak terlalu banyak atau enggak terkan polusi bisa memilih kandungan pelembap yang ringan. Tetapi, yang aktivitasnya banyak menghabiskan waktu di luar bisa menggunakan krim perawatan yang mengandung retinol. Itu bisa merangsang sel untuk memproduksi kolagen lagi," terang pria berparas oriental tersebut.

Bagaimana dengan mereka yang sudah berusia 30-an? "Kalau yang sudah usia 30-an ke atas memang sudah seharusnya kulit menjadi kering. Sudah waktunya melakukan perawatan tidak boleh tidak, pakai pelembapnya harus lebih rutin," pungkasnya.

(dno)

Baca Juga

OBAMA DI BALI: Turun dari Pesawat, Barack Obama Kenakan Pakaian Santai

OBAMA DI BALI: Turun dari Pesawat, Barack Obama Kenakan Pakaian Santai