Musim Hujan, Jaga Tangan dan Kuku Tetap Cantik dengan Handcream

Musim Hujan, Jaga Tangan dan Kuku Tetap Cantik dengan Handcream

Perawatan kuku (Foto: Beautyconnection)

UDARA yang dingin akibat hujan bisa dengan mudah membuat kulit menjadi kering. Tak terkecuali kulit pada jari-jemari dan kaki. Kuku bisa berubah warna, rapuh dan kasar. Sedangkan kaki bisa terkena bakteri infeksi dan juga bau kaki.

Jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini sebagaimana dilansir Idiva berikut, Kamis (16/2/2017).

Potong kuku

Dermatologist Dr Mukesh Batra dari India menyarankan, di kala musim hujan baiknya tak memelihara kuku yang panjang agar kotoran tak mudah tertinggal di antara kuku dan jari.

Lakukan meni-pedi secara rutin

Sekali dalam sepekan, lakukan pedikur sendiri di rumah. Rendam tangan di dalam air hangat selama 15 menit. Airnya harus mengandung beberapa tetep sabun cuci tangan dan perasan lemon. Selanjutnya, bersihkan kuku dan gosok dengan sikat yang lembut juga. Hindari memotong kutikula, karena akan mengakibatkan infeksi jamur kuku yang sangat umum di musim hujan.

Pakai hand cream

Saat musim hujan yang dingin kulit mudah kering. Untuk menyiasatinya gunakan handcream dengan kandungan minyak zaitun agar kulit tak keriput dan kasar.

Jaga kelembapan

Memang sulit menjaga kaki tetap kering saat musim hujan. Untuk menghindari kelembapan pada kaki, seperti pakai sepatu yang terbuka dan tahan air.

Jaga kulit tetap steril

Bau kaki bisa berasal dari kelembapan akibat sel-sel kulit mati dan bakteri. Untuk mencegah hal ini, rendam kaki Anda dalam air garam hangat. Anda juga dapat mencuci kaki Anda dalam teh hitam yang dingin dengan dicampurkan dengan cuka. Bisa juga dengan menggunakan disinfektan ringan. Juga, jangan lupa untuk menggunakan bedak anti jamur untuk kulit di antara jari-jari kaki Anda.

(dno)

Baca Juga

OKEZONE WEEK-END: Sehat dan Alami, 5 Ragam Jamu Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia

OKEZONE WEEK-END: Sehat dan Alami, 5 Ragam Jamu Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia