Wajib Diketahui, Ini 3 Kesalahan Umum tentang Penjelasan Anak Mengalami Depresi

Wajib Diketahui, Ini 3 Kesalahan Umum tentang Penjelasan Anak Mengalami Depresi

Depresi pada anak (Foto: Popsugar)

KETIKA sikap anak menunjukkan kecemasan, beberapa orangtua memiliki pandangan dan cara mengatasi yang berbeda. Bahkan, masih ada orangtua yang menganggap itu hanya mitos sehingga tidak langsung mencari bantuan.

Psikolog Klinis dan Terapi Keluarga, Dr. Aarti Gupta mengatakan, kecemasan yang dialami anak pertanda mereka tengah mengalami stres. Misalnya, karena tekanan konflik orangtua, pindah ke rumah baru, bullying di sekolah, bahkan karena takut akibat menonton film.

Seperti dilansir Popsugar, Kamis (16/2/2017), Dr. Gupta menjelaskan mengenai tiga kesalahpahaman orangtua tentang anak yang mengalami stres. Inilah di antaranya.

Kecemasan berasal dari pola asuh orangtua yang buruk

Meskipun orangtua sering menyalahkan diri sendiri, mereka perlu memahami apa yang terjadi sebenarnya pada anak. Sebab, orangtua memainkan peran central untuk menjadikan kondisi anak menjadi lebih tenang dan membaik,

Anak-anak yang stres akan rusak hidupnya

Tidak ada yang benar tentang hal ini. Gupta menjelaskan bahwa anak-anak bisa bahagia dan kehidupannya memuaskan bila diobati. Jadi anak yang stres bukan berarti bakal gagal selamanya. Kondisi mereka sangat bisa dipulihkan.

Ini hanya panggung

Kesalahpahaman yang terakhir adalah bahwa anak-anak dapat mengatasi stres seperti gugup dan panik bila mereka mau. Sayangnya, anak-anak tidak memiliki keterampilan atau pengalaman hidup untuk menggunakan kemauan dalam mengelola kondisi yang melemahkan mereka. Anak butuh bantuan dan profesional.

(vin)

Baca Juga

Begini Aturan Memasang Cermin di Kamar Sesuai Feng Shui agar Tak Terkena Sial

Begini Aturan Memasang Cermin di Kamar Sesuai Feng Shui agar Tak Terkena Sial