Cara Terbaik Mengatakan pada Anak Orangtua Bercerai Tanpa Menyakitinya

Cara Terbaik Mengatakan pada Anak Orangtua Bercerai Tanpa Menyakitinya

Pola asuh (Foto: Huffingtonpost)

PERCERAIAN tentu tidak pernah terpikir pada pasangan yang mengawali hubungan dengan manis. Tapi kehidupan bisa berkata lain.

Ketika akan bercerai, yang harus dipikirkan pertama kali adalah perasaan anak jika Anda dan pasangan sudah dikaruniai anak. Memang berat untuk mengatakan kepada mereka tentang rencana besar yang bisa saja menghancurkan hatinya.

Lalu bagaimana cara memberitahukan rencana perceraian pada anak? Simak ulasannya dilansir dari Parents, Jumat (17/2/2017):

Jelaskan bersama

Ketika akan menyampaikan berita yang cukup buruk untuk anak, pastikan Anda dan pasangan duduk bersama. Jangan saling menyalahkan dan mengatakan ini hanya pilihan salah satu pihak. Tapi katakan bahwa ini adalah keputusan bersama. Sehingga anak yakin bahwa Anda dan pasangan masih bisa bekerja sama untuk mengurusnya nanti.

Minta bantuan keluarga

Jika anak Anda terlihat masih berat menerima kabar tersebut, minta bantuan pada keluarga. Ceritakan tentang rencana perceraian ini pada mereka dan biarkan mereka membantu menyampaikan pada anak Anda. Namun jika anak bereaksi terlalu keras seperti marah dan melakukan tindakan kasar, Anda dan pasangan perlu berbicara secara individu untuk memberi pengertian pada anak.

Rencanakan apa yang ingin Anda katakan

Sebelum duduk bersama anak, rencanakan dahulu kata-kata yang pas untuk menyampaikan pada mereka. Misalnya katakan pada mereka bahwa “Mama dan papa punya masalah. Kami berusaha memperbaikinya tapi tidak berhasil. Tapi jangan khawatir, kami berdua sangat mencintaimu dan kami akan selalu ada untukmu”. Usahakan kalimat yang Anda sampaikan itu akan terdengar baik di telinga anak.

Siap menerima reaksinya

Normal jika dia bereaksi dengan menangis, marah, atau berteriak. Anda harus siap menerima berbagai reaksinya tersebut. Peluk dia untuk menenangkan amarahnya. Tetapi jika dia menjauh ketika Anda mulai mendekat, beri dia waktu untuk menenangkan diri.

Menerima pertanyaan

Tidak mudah bagi anak menerima kabar orangtuanya akan bercerai. Jangan tinggalkan anak di saat-saat mereka seperti hampir kehilangan orang-orang yang dicintai. Beri kesempatan mereka untuk bertanya dan jawablah dengan bijak. Anda juga bisa mendiskusikan apa yang akan dilakukan dengannya nanti.

(vin)

Baca Juga

Begini <i>Lho</i> Balasan Pesan dari Pria jika Dia Menyukai Anda

Begini Lho Balasan Pesan dari Pria jika Dia Menyukai Anda