FOOD STORY: Doyan Tahu? Ini Lho Sejarah Tahu & Awal Distribusinya ke Eropa

FOOD STORY: Doyan Tahu? Ini Lho Sejarah Tahu & Awal Distribusinya ke Eropa

Tahu dan sejarahnya (Foto:Shutterstoc)

TAHU bukan lagi makanan yang sulit ditemui bahkan hampir di seluruh dunia tahu bisa dengan mudah dijumpai. Tapi tahukah Anda bagaimana awal mula tahu ditemukan dan bagaimana persebarannya hingga akhirnya tahu jadi makanan yang eksis di kalangan manapun.

Dilansir dari Soya, Kamis (16/2/2017) dijelaskan bahwa tahu pertam kali dibuat di China lebih dari 2000 tahun yang lalu. Beberapa bukti atau situs peninggalan menunjukkan bahwa tahu adalah makanan yang sudah dibuat sejak zaman dahulu kala.

Sebuah mural China yang terlukis di lempengan batu menunjukkan gambar berlatar dapur yang disibukkan dengan kegiatan mengolah susu kedelai menjadi tahu. Bukti ini menunjukkan lempeng batu tersebut disinyalir dibuat pada periode Dinasty Han.

Selain itu ada lagi bukti lain yang menunjukkan tahu sudah dibuat pada sekitar tahun 1500-an. Sebuah puisi berjudul ‘Ode to Tofu’ karya Su Ping menunjukkan tahu sudah ada dan eksis di era yang jauh dari masa sekarang.

Tahu di Jepang

Di Jepang juga ternyata tahu sudah dikenal lama, berawal dari seorang musafir asal Jepang yang pergi ke China untuk mempelajari agama Budha. Pria bernama Kento ini kemudian kembali ke Jepang dengan membawa tofu pada era Nara. Tofu dijadikan makanan diet vegetarian yang jadi konsumsi harian para biksu. Kata tofu pertama kali disebut oleh biksu Shinto Nakaomi dan dahulu kerap dijadikan persembahan di altar.

Pada 1489 kata tahu untuk pertama kalinya ditulis dalam alphabet Jepang yang sebenarnya. Secara bertahap kemudian tahu menjadi populer di kalangan bangsawan. Memasuki era Edo yakni sekitar tahun 1603 hingga 1867 tahu kemudian jadi santapan masyarakan biasa. Buku berjudul “Tofu Hyakuchin” yang pertama kali terbit pada 1782 mendapat respon penjualan yang sangat baik.

 

Tahu di Barat

Sejarah tahu di dunia Eropa dimulai pada 1603 yang tertulis dalam kamus ‘Vocabulario da lingoa de lapam’ sebuah dokumen Eropa pertama yang mengacu pada kata tahu. Selain itu Domingo Fernandez de Navarrete menjelaskan dalam bukunya yang berjudul "A Collection of Voyages dan travles" dalam buku ini tertulis bagaimana tahu dibuat, buku ini terbit pada 1704. Saat buku pertama Navarrete terbit di Inggris, tahu sudah diproduksi untuk pertama kalinya di Prancis oleh Paillieux pada tahun 1895. Orang barat pertama yang memproduksi tahu secara komersial adalah TA Van Gundy pada tahun 1929 di La Sierra Industri di California.

(ndr)
Berita Rekomendasi

Baca Juga

URBAN FOOD: Daripada Jajan di Pinggir Jalan, Lebih Baik Bikin Sendiri di Rumah Yuk! Ada Resep Keripik Tempe, Onde-Onde dan Tahu Crispy!

URBAN FOOD: Daripada Jajan di Pinggir Jalan, Lebih Baik Bikin Sendiri di Rumah Yuk! Ada Resep Keripik Tempe, Onde-Onde dan Tahu Crispy!