5 Kunci Sukses Bikin Muffin yang Lezat Sempurna

5 Kunci Sukses Bikin Muffin yang Lezat Sempurna

Tips membuat muffin yang lezat (Foto: Bestrecipes)

TIDAK semua orang yang suka masak akan suka memanggang kue, salah satunya muffin. Jika Anda pemula atau baru pertama kai membuat muffin sebaiknya simak tips dan trik sukses membuat muffin agar hasilnya tidak mengecewakan.

Dilansir dari BestRecipe, Kamis (16/2/2017) berikut lima langkah sukses bikin muffin yang harus jadi perhatian. Ikuti langkahnya dan dapatkan muffin lezat sempurna untuk camilan ataupun santapan bersama keluarga dan teman.

Aduk bahan kering dan basah secara terpisah

Komposisi muffin terdiri dari bahan kering dan bahan yang basah. Hal pertama yang harus jadi perhatian adalah Anda harus mengaduk bahan-bahan kering dan bahan basah secara terpisah. Jika semua sudah ada di dua mangkuk berbeda baru campurkan secara perlahan sambil diaduk hingga rata.

Jangan terlalu lama mengaduk

Membuat muffin berbeda dengan membuat cake yang lembut. Adonan muffin hanya cukup diaduk hingga rata, tidak perlu sampai berbuih dan ringan layaknya adonan cake. Mengaduk adonan muffin terlalu lama akan membuat kue ini lebih mirip cake dan bukan muffin yang padat. Tak masalah jika bentuk muffin berantakan, karena muffin memang bertekstur seperti itu.

Gunakan cetakan alumunium

Muffin mirip dengan bentuk cupcake sehingga membutuhkan loyang khusus. Usahakan untuk menggunakan loyang alumunium yang sudah diolesi sedikit minyak. Tuangkan adonan menggunakan sendok scoop es krim agar rapi dan tidak berantakan. Jangan mengisi adonan muffin terlalu penuh karena muffin kan mengembang dan tumpah berantakan. Cukup isi adonan hingga ¾ tinggi loyang.

Jangan langsung diangkat dari oven

Ada waktu yang digunakan untuk memanggang muffin, saat timer oven sudah berhenti tanda muffin sudah matang sebaiknya jangan langsung mengangkat muffin. Biarkan muffin di dalam oven selama kurang lebih 5 menit. Ini dimaksudkan agar bentuk muffin tetap kokoh dan tidak langsung mengempis kala bertemu suhu yang berbeda drastis. Selain itu diamkan dulu muffin tetap berada di dalam cetakan sampai benar-benar dingin dan siap diangkat dari cetakan.

Muffin bisa dibekukan

Anda membuat muffin dalam jumlah yng cukup banyak? Jangan khawatir karena muffin termasuk kue yang bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama. Masukkan dalam wadah kedap udara lalu simpan muffin dalam freezer. Saat akan disantap, keluarkan muffin dan cukup panaskan selama beberapa menit menggunakan microwave sebelum disantap.

(ndr)

Baca Juga

TOP FOOD: Bawa Koki Sendiri, Hotel yang Diinapi Raja Salman Tetap Suguhkan Menu Nusantara

TOP FOOD: Bawa Koki Sendiri, Hotel yang Diinapi Raja Salman Tetap Suguhkan Menu Nusantara