Ssttt... Ini 5 Fakta Menarik Muffin Kue Mungil dari Inggris

Ssttt... Ini 5 Fakta Menarik Muffin Kue Mungil dari Inggris

Muffin dan fakta menariknya (Foto:5dollars)

MESKI pertama kali ditemukan di Wales, Inggris, kata ‘muffin’ sebetulnya berasal dari Bahasa Prancis “Moufflet” yang sering digunakan untuk mendefinisikan roti yang lembut dan halus.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa fakta unik tentang muffin yang belum banyak orang ketahui? Hidangan lembut nan legit ini bahkan sempat dibuatkan sebuah lagu pada masanya.

Dari pada pensaran, yuk simak 5 fakta unik tentang muffin yang berhasil dirangkum Okezone dari Mobile-Cuisine, Kamis (16/2/2017).

1. Pemerintah Amerika Serikat menetapkan bahwa 11 Juli merupakan Hari Blueberry Muffin Nasional, dan 19 Desember sebagai Hari Muffin Oatmeal Nasional.

2. English muffin yang dikenal hingga saat ini, dipercaya berasal dari Wales dan ditemukan pertama kali pada abad ke-10.

3. Salah satu restoran cepat saji ternama asal Amerika Serikat, pertama kali meluncurkan menu bernama Egg McMuffin pada 1972. Hidangan ini terdiri dari keju khas Amerika, bacon khas Kanada, English muffin, dan sepotong telur.

4. Saking terkenalnya, pada 1820-an, sebuah lagu anak-anak berjudul The Muffin Man resmi diluncurkan. Lagu ini terinspirasi oleh kebiasaan para penduduk Drury Lane yang kerap memesan muffin untuk diantarkan langsung ke rumah mereka.

5. Setiap negara bagian Amerika memiliki ciri khas tersendiri dalam mengolah muffin. Massachusetts kerap mencampurkan muffin dengan jagung, Minnesota dengan blueberry, New York dengan apel, dan Washington dengan blueberry.

(ndr)

Baca Juga

RESEP PILIHAN: <i>Bikin</i> Roti Manis 3 Rasa Teman Minum Teh

RESEP PILIHAN: Bikin Roti Manis 3 Rasa Teman Minum Teh