Coba Dicek, Masih Muda Sudah Mengalami 5 Tanda Penuaan Ini?

Coba Dicek, Masih Muda Sudah Mengalami 5 Tanda Penuaan Ini?

Tanda penuaan dini (Foto: Womenandsports)

SEMUA hal ada tenggat waktunya. Termasuk kulit Anda yang seiring bertambahnya usia bisa mengalami tanda-tanda penuaan. Ini tentu tidak bisa ditolak. Gaya hidup dan faktor lingkunganlah yang membuat kulit mengalami penuaan.

Parahnya, karena beberapa faktor, kadang sebagian orang bisa nampak lebih tua dari pada usia sesungguhnya. Lantas, tanda penuaan apa saja yang bisa kentara dan dirasakan? Berikut penjelasan dari dokter spesialis kulit dan kecantikan, dr. Haekal Yassier Anshari, M.Biomed (AAM) yang ditemui Okezone beberapa waktu lalu.

Kilau kulit

Kulit kusam menjadi salah satu tanda penuaan dini. Lazimnya kulit yang sehat memiliki kilau kulit alami. Kulit kusam ini disebabkan pigmentasi paparan sinar matahari yang langsung pada kulit.

Tekstur

Tanda lain dari penuaan diri yakni, pori-pori membesar dan lebih banyak, selain itu tekstur kulit menjadi kasar. Seperti yang sering banyak orang katakana, kulit yang sehat seperti kulit bayi yang halus.

Warna kulit

Warna kulit juga tak merata karena pigmentasi yang terjadi. Kusam dan lebih gelap. Ditambah pula, mulai hadir bintik-bintik coklat atau biasa disebut flek hitam, dan kemerahan di area wajah tertentu.

Kerut

Ini merupakan tanda utama dari penuaan. Lazimnya terjadi di area bawah mata, ujung mata, di antara dua alis mata, dahi dan bibir atas.

Kekencangan kulit

Dari kekenyalan kulit juga berkurang. Kulit yang mengalami penuaan akan mengendur dan tak terlihat segar. Karena kolagen tak diproduksi secara optimal.

(dno)

Baca Juga

OKEZONE WEEK-END: Sehat dan Alami, 5 Ragam Jamu Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia

OKEZONE WEEK-END: Sehat dan Alami, 5 Ragam Jamu Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia