Jangan Dikecewakan, Bantu Anak Melewati Perceraian Orangtua dengan Cara Ini

Jangan Dikecewakan, Bantu Anak Melewati Perceraian Orangtua dengan Cara Ini

Perceraian (Foto: Irishtimes)

MENJADI anak korban perceraian selalu menyisakan konflik batin. Apalagi jika kedua orangtuanya berpisah tanpa perdamaian.

Ingatlah, bahwa hal ini hanya akan membuat anak merasa tertekan dan menyalahkan diri sendiri. Meski Anda telah bercerai, bukan berarti anak harus merasakan perpisahan dengan kedua orangtuanya. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak melewati perceraian? Simak ulasannya dilansir dari Ahaparenting, Jumat (17/2/2017):

Kesehatan emosional anak jadi prioritas

Tegaskan pada mantan pasangan bahwa kesehatan emosional anak adalah prioritas bersama. Anda mungkin telah berpisah, tetapi harus diingat bahwa Anda harus membesarkannya secara bersama. Jangan sampai anak merasa terabaikan karena Anda dan mantan pasangan tidak mau meluangkan waktu untuknya.

Hindari bertengkar di depan anak

Ketika Anda dan mantan pasangan harus bertemu untuk mengurus anak, pastikan untuk tidak bertengkar di depannya. Karena hal ini akan membuatnya merasa menjadi penyebab dari pertengkaran dan tertekan.

Selalu adakan pertemuan rutin

Meski Anda dan pasangan telah bercerai, selalu adakan pertemuan rutin dengan anak. Jangan biarkan dia menjadi korban dari perceraian ini. Pastikan dia masih bisa menghubungi kedua orangtuanya kapan pun dia mau. Tugas Anda adalah menjaga hubungan baik dengan mantan pasangan.

Katakan bahwa Anda berdua masih mencintainya

Beri pengertian pada anak bahwa apapun yang terjadi, Anda dan mantan pasangan akan terus mencintainya. Cinta Anda berdua padanya tidak bisa diubah oleh apapun, termasuk perceraian. Jangan pula buat janji padanya jika Anda tidak bisa menepati. Karena ini hanya akan membuatnya merasa diabaikan dan tidak dicintai lagi.

(vin)

Baca Juga

<i>Ladies</i>, Jangan Lemah Ya! Jadilah Pribadi yang Kuat dan Lakukan 4 Hal Ini

Ladies, Jangan Lemah Ya! Jadilah Pribadi yang Kuat dan Lakukan 4 Hal Ini