Ingat Ya Moms, Jangan Sekali-kali Katakan Ini pada Putri Kecil Anda, Bahaya!

Ingat Ya Moms, Jangan Sekali-kali Katakan Ini pada Putri Kecil Anda, Bahaya!

Pola asuh (Foto: Lifehack)

ANAK-ANAK membutuhkan dukungan yang baik pada masa pertumbuhannya. Bukan larangan yang bersifat meruntuhkan rasa percaya dirinya.

Ketika dia mencoba-coba berbagai hal, Anda tak perlu melarang-larang selama dia masih dalam jangkauan. Ini akan membantu dirinya merealisasikan diri secara penuh.

Dilansir dari Lifehack, Jumat (17/2/2017), berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda katakan pada putri kecil:

Kamu membuang-buang waktu

Jangan katakan pada putri Anda bahwa dia telah membuang-buang waktu dengan melakukan hal yang dia sukai. Biarkan dia membuang-buang waktu pada masa kecilnya untuk melakukan hal yang berbeda. Sehingga, dia memiliki pengalaman dan pelajaran untuk melakukan hal yang lebih baik dalam hidupnya.

Aku akan melakukannya untukmu

Anak-anak kerap merasa penasaran pada suatu hal. Namun terkadang orangtua tak mendukungnya dan terlalu memanjakannya. Sehingga, dia tidak bisa belajar mandiri karena Anda lebih senang memberikannya secara instan tanpa usaha dari dia sendiri. Karena mengkhawatirkan keamanannya, Anda menjadi tidak percaya bahwa dia bisa melakukannya sendiri. Percayalah, ini bisa merusak kepercayaan dirinya.

Lihat dia!

Saat masih kecil, seharusnya anak-anak dilatih untuk menjadi dirinya sendiri dan melakukan hal terbaik versi dirinya. Bukannya membandingkan dia dengan kakaknya atau anak-anak tetangga. Jika Anda memang ingin si kecil berubah untuk melakukan hal yang lebih baik seperti orang lain, lebih baik Anda yang mencontohkan sendiri. Sehingga tidak membuatnya merasa dipaksa untuk menjadi orang lain. Namun dia akan melihat contoh itu dari ibunya.

Jangan makan terlalu banyak

Ketika beranjak remaja, orangtua akan mulai memerhatikan penampilan dan bentuk tubuh sang anak. Namun, ini bukan berarti Anda harus membatasinya makan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna. Daripada melarangnya makan junk food, lebih baik siapkan makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatannya di rumah. Sebaliknya, ketika dia ingin diet, jangan coba menyuruhnya untuk banyak makan. Tapi siapkan makanan diet yang sehat.

(vin)

Baca Juga

LIFE STORY #5: "Dalam Sehari, 100 Cerita Perundungan Saya Terima"

LIFE STORY #5: "Dalam Sehari, 100 Cerita Perundungan Saya Terima"