Tanpa Disadari Orangtua Menjadi Egois pada Anak ketika Mengatakan 3 Hal Ini

Tanpa Disadari Orangtua Menjadi Egois pada Anak ketika Mengatakan 3 Hal Ini

Pola asuh (Foto: Parenting)

MEMBATASI rasa ingin tahu anak sama saja seperti menunda perkembangannya. Padahal, Anda memiliki pilihan untuk mengembangkan potensinya sejak dini.

Pada anak perempuan, banyak orangtua yang terlalu berlebihan dalam membatasi kegiatannya. Justru ini akan menghambat bakat dan potensinya sehingga cenderung minder dan lambat dalam berkembang. Simak ulasannya dilansir dari Lifehack, Jumat (17/2/2017):

Kamu masih terlalu muda untuk melakukan itu

Harusnya Anda bisa mengenali potensi anak sejak awal, bukan melarangnya dengan mengatakan masih terlalu muda untuk melakukan sesuatu yang baik. Ketika dia memiliki cita-cita yang tinggi, jangan pernah meremehkannya. Daripada mengatakan bahwa dia masih terlalu kecil untuk memikirkan hal tersebut, gali bakatnya sejak dini. Katakan padanya bahwa dia bisa mencapai tujuan jika mau berusaha dan menghadapi tantangan.

Turunkan sedikit ekspektasimu

Alih-alih menyuruh dia berpikir seperti anak-anak dan menurunkan ekspektasinya, lebih baik eksplorasi bakatnya. Bantu dia untuk belajar lebih banyak tentang keinginan dan bakatnya. Jika tidak diperkenankan mengenal potensi diri, anak justru tidak akan mencapai pemenuhan dan realisasi diri.

Itu pekerjaan laki-laki

Ketika putri kecil mengatakan ingin menjadi pilot atau profesi yang umumnya dimiliki pria, jangan melarangnya. Jangan mengatakan bahwa itu adalah pekerjaan laki-laki. Karena, tidak ada batasan pekerjaan apa saja yang harus dilakukan laki-laki maupun perempuan. Dukung dia untuk menjadi apa yang dia mau dengan mengerti risikonya. Karena pada akhirnya, dia akan bahagia dengan sesuatu yang dipilihnya sendiri.

(vin)

Baca Juga

Begini Aturan Memasang Cermin di Kamar Sesuai Feng Shui agar Tak Terkena Sial

Begini Aturan Memasang Cermin di Kamar Sesuai Feng Shui agar Tak Terkena Sial