Anak Masih Berusia 5 Tahun Orangtua Bercerai, Jangan Kecewakan dan Katakan Ini!

Anak Masih Berusia 5 Tahun Orangtua Bercerai, Jangan Kecewakan dan Katakan Ini!

Perceraian orangtua (Foto: Babycenter)

MENGATAKAN pada anak tentang rencana perceraian adalah hal yang tidak mudah. Apalagi jika anak Anda baru berusia 5 sampai 8 tahun.

Pada usia tersebut, anak-anak belum begitu mengerti tentang permasalahan rumah tangga. Dia pun belum tahu kemungkinan yang bisa terjadi setelah perceraian terjadi. Simak ulasannya dilansir dari Babycenter, Jumat (17/2/2017):

Pilih waktu yang tepat

Jika Anda baru berpikir untuk bercerai dengan suami, jangan ceritakan ini pada anak-anak di usia tersebut. Karena, hal ini hanya akan membingungkan dia. Tetapi ceritakanlah padanya ketika keputusan Anda dan suami untuk bercerai sudah bulat. Jangan pula mengatakannya sebelum dia berangkat sekolah atau pergi pada kegiatan di luar rumah. Tetapi sampaikan kepadanya ketika Anda sedang menghabiskan waktu bersamanya. Sehingga, lebih mudah memeluknya ketika dia membutuhkan dukungan.

Ceritakan bersama

Sampaikanlah hal ini kepada anak sebagai tim. Bukan sebagai individu yang saling menyalahkan. Jangan biarkan anak bingung karena cerita yang berbeda. Tapi pastikan apa yang Anda katakan padanya adalah apa yang sudah Anda pikirkan matang-matang berdua.

Buat menjadi sederhana

Sampaikan berita ini dengan kalimat yang sederhana. Tidak perlu mengucapkan kata-kata kunci permasalahan yang tentunya tidak bisa diterima oleh anak pada usia 5 sampai 8 tahun. Katakan pula bahwa Anda dan ayahnya sudah mencoba memperbaiki masalah, tetapi tidak berhasil.

Katakan ini bukan salahnya

Katakan pada anak bahwa keputusan bercerai ini bukanlah kesalahannya. Tetapi hasil dari diskusi Anda dan ayahnya. Jangan biarkan mereka menyalahkan diri sendiri karena merasa sebagai penyebab dari perceraian ini.

(vin)

Baca Juga

Tips agar Tak Kalap Belanja di Pameran Buku Murah

Tips agar Tak Kalap Belanja di Pameran Buku Murah