Moms, Jangan Salah Memberi Dukungan untuk Anak Penderita Kanker

Moms, Jangan Salah Memberi Dukungan untuk Anak Penderita Kanker

Ibu dan anak (Foto: Stbaldrick)

PENYAKIT kanker dapat menyerang siapa saja. Tidak terkecuali anak dan anggota keluarga yang hidupnya sangat dekat dengan Anda.

Jika penyakit ini menyerang pada anak sendiri, Anda harus tahu bentuk dukungan yang akan diberikan untuk anak. Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Astrid WEN, ada beberapa bentuk dukungan yang harus dilakukan orangtua kepada anaknya.

"Yang paling utama selain treatment medis, juga informasinya. Akses termasuk support dari yang pemerintah berikan, dari rumah sakit, atau ahli yang bisa diberikan ke anak apa saja," jelas Astrid dalam acara #wecanican, Jumat (17/2/2017).

Menghadapi anak penderita kanker pun bisa mengubah lingkaran hidup seseorang. Tekanan pada pikiran orangtua semakin berat. Dalam kondisi ini, Astrid menyarankan orangtua untuk tidak menyimpan masalah ini sendiri. Jangan pula malu untuk meminta bantuan orang lain jika memang membutuhkannya.

"Orangtua bisa melebarkan diri untuk mencari pertolongan. Jangan merasa malu dan merasa sendiri. Karena ada faktor yang tidak semua orang bisa handle," lanjut Astrid.

Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini menambahkan, terkadang orangtua masih belum bisa menerima kenyataan ini karena terlalu berat. Jika demikian, Anda harus menguatkan suami agar bisa menerima dan menghadapi kenyataan ini bersama-sama.

Namun bukan berarti Anda harus menyembunyikan hal ini dari anak sendiri. Sebaliknya, beri tahu kepada anak tentang penyakitnya. Karena ini justru akan membantu anak dan orangtua itu sendiri.

Selain itu, anak-anak juga membutuhkan dukungan emosional yang membuat mereka semangat menjalani kehidupan sehari-hari. Bukan malah membatasinya dari aktivitas di luar.

"Misalnya anak dikembalukan ke kehidupan sehari-hari selagi dia mampu. Berjalan-jalan atau pergi ke sekolah. Butuh dukungan emosional dari orangtua, saat sedih, biarkan dia sedih," pungkas Astrid.

(vin)

Baca Juga

Perhatikan Hal Penting Ini agar Dapur Selalu Terlihat Nyaman! Lihat Triknya

Perhatikan Hal Penting Ini agar Dapur Selalu Terlihat Nyaman! Lihat Triknya