Tips Mengolah Sate Taichan agar Rasanya Nendang

Tips Mengolah Sate Taichan agar Rasanya Nendang

Tips mengolah sate taichan (Foto:Dimas/Okezone)

JIKA Anda sedang mencari kuliner yang lagi hits di kalangan milenial Jakarta, sebagian besar pasti akan merekomendasikan sate taichan. Yup! Sate yang satu ini memang sedang digandrungi karena sensasi pedasnya yang begitu menggoda.

Saking terkenalnya, seorang pengusaha muda bahkan telah membuka franchise makanan tersebut. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengolahnya sendiri di rumah.

Ditemui Okezone di kawasan Senayan, Jakarta Barat, salah seorang pedagang sate taichan bernama Mpok Encop, sempat membagikan sejumlah tips mengolah sate taichan yang lezat dan menggugah selera.

"Dagingnya harus menggunakan daging ayam muda. Karena ia cepat meresap bumbu dan lebih cepat matang saat dibakar," tutur Mpok Encop, Pemilik Kedai Sate Taichan Deka, kepada Okezone  di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 16 Februari 2017.

Setelah daging tersedia, tahap selanjutnya adalah membuat bumbu untuk merendam daging tersebut. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup sederhana yakni, campuran rempah-rempah seperti ketumbar, garam, bawang putih, bawang merah, kemiri.

Semua bahan kemudian dihaluskan menggunakan blender atau juga bisa dilakukan secara manual (diulek), lalu dikasih air secukupnya.

"Daging yang sudah ditusuk direndam beberapa saat di dalam bumbu tersebut. Kemudian sisihkan agar bumbunya meresap. Ketika mau dibakar, daging dicelupkan lagi sebentar," tambahnya.

Proses pembakaran sendiri cukup singkat, tidak lebih dari 5 menit. Itulah mengapa dianjurkan menggunakan daging ayam muda.

Berbicara soal sate taichan, belum lengkap rasanya jika tidak mengulik sensasi pedas makanan tersebut. Oleh karena itu, proses pembuatan bumbu cabainya pun ternyata juga tidak sembarangan, ada beberapa trik khusus agar rasa pedas benar-benar menggoyang lidah.

"Membuat bumbu cabai itu sebetulnya disesuaikan dengan selera. Kalau saya biasa menggunakan cabai rawit merah, asam jawa, garam, dan beberapa bumbu rempah lainnya," jelas Mpok Encop.

Bahan-bahan tersebut kemudian dihaluskan, lalu ditumis sambil diaduk-aduk selama sekira 2 jam.

"Cara ini bisa membuat bumbu bertahan hingga seminggu. Selain itu, rasa bumbu rempah-rempahnya pun lebih keluar. Nah, untuk pelengkap tinggal tambahkan jeruk nipis atau jeruk limau," pungkas Mpok Encop.

(ndr)

Baca Juga

Long Weekend di Malang, Jangan Lupa Sambangi  3 Tempat Makan Legendarisnya

Long Weekend di Malang, Jangan Lupa Sambangi 3 Tempat Makan Legendarisnya