FOOD STORY: Sate Taichan, Berawal dari Keisengan Orang Korea Kini Jadi Favorit di Jakarta

FOOD STORY: Sate Taichan, Berawal dari Keisengan Orang Korea Kini Jadi Favorit di Jakarta

Sate taichan (Foto:Beritasurabaya)

SEJAK 2016, kalangan milenial Jakarta dihebohkan dengan kemunculan kuliner unik yang disebut sate taichan. Dilihat dari tampilannya, sate taichan memang terlihat berbeda dibandingkan sate pada umumnya. Makanan ini tidak menggunakan bumbu kacang seperti sate madura, sehingga memiliki tekstur daging yang legit dan berwarna putih.

Daya tarik sate taichan sendiri terletak pada rasa pedas yang dihasilkan oleh bumbu cabainya. Sensasi pedas inilah yang paling banyak diburu oleh para pencinta kuliner.

Namun, tahukah Anda bahwa asal usul hidangan ini masih belum diketahui secara pasti, meski banyak yang berpendapat bahwa sate taichan berasal dari Jepang dan Korea Selatan. Daripada penasaran, yuk simak hasil penelusuran Okezone!

Berawal dari keheranan orang Korea dengan sate khas Indonesia

Saat ditemui Okezone di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 16 Februari 2017, pemilik kedai Sate Taichan Deka, Delle Karnagi, mengungkapkan sejumlah fakta unik tentang asal usul makanan tersebut.

Menurut Delle, saat itu salah satu penjual sate madura yang ada di kawasan Senayan, sedang kedatangan dua pengunjung yang salah satunya berasal dari Korea Selatan. Awalnya mereka merasa heran kenapa bentuk sate di Indonesia dibaluri bumbu kacang dengan cita rasa yang manis.

“Pengunjung pria kemudian berinisiatif untuk menunjukkan kepada penjualnya bagaimana ia membakar sate. Ternyata, sate yang ia bakar hanya ditaburi garam, dan setelah matang ternyata warnanya putih,” tutur Delle.

Lebih lanjut ia menambahkan, setelah proses pembakaran selesai, pria Korea itu langsung memberikan bumbu cabai yang cukup banyak diatas daging sate. Saat ditanya oleh penjual sate madura, sang kekasih yang notabennya asli Indonesia menjawab bahwa olahan tersebut dalam Bahasa Korea dinamakan sate taichan.

Cerita tersebut dibenarkan oleh ibunda Delle yang juga akrab disapa Mpok Encop. Menurutnya, ada sebuah alasan tersendiri mengapa sate taichan identik dengan cita rasa pedas.

"Kata orang-orang, di Korea, sate taichan itu merupakan makanan 'pendorong minuman'. Jadi kalau mau cepat mabuknya, mereka makan sate taichan dulu. Mereka percaya makanan pedas itu kombinasi yang tepat dengan alkohol," kata Mpok Encop.

Kawasan Senayan pusatnya sate taichan

Seiring berjalannya waktu, ide unik itu berhasil menginspirasi pedagang sate madura itu. Ia bahkan nekat mengubah total konsep dagangannya dan mulai mencoba peruntungan dengan menjual sate taichan.

(ndr)
1 / 2

Baca Juga

OBAMA MUDIK: Doyan Santap Sate, Jangan Lupa Obama Harus Mampir di Restoran Ini

OBAMA MUDIK: Doyan Santap Sate, Jangan Lupa Obama Harus Mampir di Restoran Ini