Yang Mana Kesukaan Anda? Ini 4 Jenis Sambal Favorit di Tanah Air

Yang Mana Kesukaan Anda? Ini 4 Jenis Sambal Favorit di Tanah Air

Sambal favorit di Tanah Air (Foto:Foodpost)

MENYANTAP hidangan lezat ditemani sambal merupakan salah satu kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, ada yang menganggap bahwa bersantap tanpa sambal, rasanya bagaikan makan sayur tanpa garam.

Sambal memang menjadi menu pelengkap yang dapat menambah kelezatan suatu masakan. Bayangkan saja menyantap ikan bakar tanpa sambal yang pedas dan menggoda, apakah Anda mampu menghabiskannya?

Nah, jika bingung memilih jenis sambal yang tepat, berikut Okezone rangkumkan beberapa jenis sambal yang paling digemari masyarakat Indonesia.

 

Sambal kecap

 

(Groufie)

Jenis sambal yang satu ini biasanya digunakan untuk bumbu cocolan saat menyantap ikan bakar, ayam bakar, atau sate-satean. Teknik pengolahan sambal kecap sedikit berbeda dengan sambal pada umumnya, cabai yang digunakan tidak melalui proses penghalusan, namun hanya diiris lalu dicampurkan dengan kecap, bawang merah, dan tomat. Oleh karenanya, sambal kecap sangat digemari bagi mereka yang tidak terlalu menyukai makanan pedas.

 

Sambal terasi

 

(Inforesep)

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan sambal belacan atau sambal terasi. Belacan atau terasi dibuat dari ikan atau udang rebon yang telah difermentasikan, kemudian dilumatkan hingga berbentuk seperti pasta berwarna hitam-kecokelatan. Sementara itu, untuk membuat sambal terasi yang menggugah selera, kebanyakan orang mencampurkan terasi dengan berbagai bahan dasar lainnya seperti, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Sambal ini paling nikmat disantap dengan seporsi sayur asam, ikan asin, atau bahkan ikan gurame goreng.

Sambal cabai hijau

 

(Resepe)

Sambal cabai hijau merupakan salah satu jenis sambal yang sangat digemari masyarakat Indonesia setelah sambal terasi. Sambal ini identik dengan kuliner khas Padang karena Tanah Minang lah yang mempopulerkan sambal tersebut. Sesuai dengan namanya, sambal cabai hijau diolah menggunakan cabai hijau dan berbagai bumbu rempah-rempah pelengkap. Sambal ini biasanya menjadi pelengkap rendang, paru, ayam pop, dan bahkan sudah mulai menjadi pilihan saat menyantap kuliner penyetan khas Jawa.

Sambal tomat

 

 (Resepkoki)

Perpaduan kesegaran tomat dan rasa pedas dari cabai merah ternyata menciptakan sensasi pedas yang khas dan menggugah selera. Tak ayal jika sambal ini kerap dinikmati dengan berbagai macam jenis lalapan dan lauk. Cara pengolahannya pun cukup sederaha. Anda cukup menghaluskan bawang merah dan bawang putih, lalu tambahkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, gula pasir, garam, tomat, dan tumbuk kasar. Voila!

(ndr)

Baca Juga

Makan Malam di Mana? Dari Kepiting, Steak hingga Burger Enaknya di 3 Tempat Ini

Makan Malam di Mana? Dari Kepiting, Steak hingga Burger Enaknya di 3 Tempat Ini