Kemeriahan dan Keunikan Festival Bau Nyale 2017

Kemeriahan dan Keunikan Festival Bau Nyale 2017

Ilustrasi Bau Nyale di Lombok (foto: Instagram/@luca.gardella)

FESTIVAL Bau Nyale menjadi ajang acara rakyat Lombok yang sudah dilakukan ratusan tahun lalu, keunikan tradisi menangkap Bau Nyale (cacing laut) setiap tahun juga selalu ditemani dengan beragam atraksi yang dikemas meriah hingga menjelang jafar.

Di kesempatan Festival Bau Nyale 2017 tahun ini acara pun diadakan secara meriah dengan kehadiran atraksi seperti pemilihan Ratu Mandalika 2017, Drama Putri Mandalika hingga Pertunjukan Seni beleq dan kerenceng.

"Setiap tahun kami melihat ada banyak perubahan yang terjadi, warga dan pemerintah sama-sama melestarikan budaya dengan baik seperti membangun infrastuktur yang bagus," jelas Esthy Reko Astuti, sebagai Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Indonesia Kementerian Pariwisata kepada Okezone.

Dikarenakan acara pesta rakyat Festival Bau Nyale 2017 ini dilangsungkan hanya sekali setahun. Warga pun menjalankannya dengan sangat baik, tak ada kericuhan, dan utama jarang terlihat sampah.

"Mereka melihat jika acara Festival Bau Nyale 2017 ini sangat bermakna secara budaya di Lombok, dan mereka beserta pemerintah juga sama-sama menjaga sampah, dan aman," terangnya.

Oleh karena itu, setiap tahun turis lokal dan asing terus berdatangan dan hilir mudik demi menyaksikan Festival Bau Nyale 2017. Mereka rela bedesak-desakan, bahkan ada juga yang rela berkemah.

"Mudah-mudahan dengan adanya acara ini acara besar di Lombok bisa membuat target 4 juta wisatawan ( 2 juta wisatawan lokal dan 2 juta wisatawan asing) berhasil ditebus di 2017," lontarnya.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, UKM industri Kuliner juga semakin bertambah, namun hebatnya mereka menjajakan itu dengan rapih, sesuai dengan penataan tempat. Tak heran jika ajang Festival Bau Nyale banyak dinantikan setiap tahunnya.

(fid)

Baca Juga

Atraksi Wisata yang Dapat Dinikmati saat Berlibur ke Waduk Jatiluhur

Atraksi Wisata yang Dapat Dinikmati saat Berlibur ke Waduk Jatiluhur