Tips Liburan Dadakan di Akhir Pekan yang Enggak PHP

Tips Liburan Dadakan di Akhir Pekan yang Enggak PHP

Ilustrasi Liburan (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang lebih suka liburan dadakan, karena biasanya yang lama direncanakan itu hanya PHP. Iya, nggak, sih? Tapi supaya liburan singkat di akhir pekan jadi kenyataan, Anda tetap harus punya tujuan dan persiapan.

Meski tidak detil atau sempurna, tujuan dan persiapan harus realistis. Kalau tidak, bisa-bisa Anda hanya buang-buang waktu dan uang. Lalu bagaimana caranya? Berikut tips dari Okezone.

Tentukan tujuan utama

Jangan cuma bilang ingin ke Bogor, Bandung, Medan, atau nama daerah yang ingin didatangi saja tanpa cari tahu mau lihat dan lakukan apa di sana.

Pastikan Anda punya ide tempat dan aktivitas apa yang ingin dilakukan di satu tempat spesifik, misalnya makan sate maranggi di Plered – Purwakarta, dan sebagainya.

Pastikan waktu pergi

Terlalu lama menyarankan tujuan berlibur tanpa memastikan rencana perjalanan hanya akan memberi harapan palsu pada orang yang akan Anda ajak pergi. Jika beberapa pilihan tempat yang oke sudah disetujui, langsung tentukan kapan dan bagaimana Anda akan pergi.

Punya kendaraan sendiri

Jika Anda punya kendaraan sendiri, baik itu motor atau mobil, maksimalkan untuk melakukan liburan dadakan. Dengan kendaraan pribadi Anda juga bisa mengajak keluarga atau teman-teman Anda pergi.

Sebaliknya, menggunakan transportasi umum mungkin akan merepotkan Anda untuk sampai di tempat yang belum didatangi sebelumnya.

Siapkan uang receh

Pastikan Anda punya uang receh sebelum ke luar rumah untuk liburan dadakan. Entah untuk membayar parkir, karcis masuk tol atau tempat wisata, bayar toilet, atau jajan di pinggir jalan, uang receh penting untuk disediakan daripada mengandalkan kartu kredit atau debit Anda.

(fid)

Baca Juga

Pilih Lokasi <i>Outbond</i>, Coba Tips Berikut Ini

Pilih Lokasi Outbond, Coba Tips Berikut Ini