Bayi Suka Melek Sampai Larut Malam, Begini Strateginya agar Cepat Tidur

Bayi Suka Melek Sampai Larut Malam, Begini Strateginya agar Cepat Tidur

Ilustrasi (Foto: Verywell)

DUH, seorang ibu pasti merasa pusing dan repot saat bayinya belum tidur hingga larut malam. Aktivitas sepulang bekerja pun jadi terganggu, apalagi kalau melihat bayinya masih asyik main.

Anda tentu harus mengatur strategi agar si kecil bisa tetap tidur nyenyak di ruangan yang nyaman saat malam hari. Simak tipsnya, dilansir Parents, Jumat (17/2/2017).

Menghentikan waktu bermainnya

Bayi bisa saja melupakan jam tidur, apalagi ketika dia baru bisa merangkak dan harus mempelajari hal lain. Bayi mungil Anda seolah tidak tahu jam tidurnya, meski sudah merasa mengantuk. Karenanya rasa ingin tahu mereka sangat besar dan tidak mau berhenti bermain. Agar dia tetap nyaman beristirahat, Moms harus menghentikan waktu bermainnya. Ajak dia berbicara pelan-pelan, beri tahu dia jika harus tidur dan melanjutkan bermain kembali esok hari.

Jauhkan dia dari suasana bising

Ada tipe bayi yang kebal pendengarannya dari suasa ramai dan bising, ada juga bayi yang merasa terganggu dengan suara tersebut. Menjelang jam tidurnya di malam hari, Anda harus menjauhkannya dari kebisingan. Hal ini dilakukan agar tetap membuat bayi nyaman dan tidur nyenyak sepanjang malam.

Jangan susui dia malam hari

Moms, meski si kecil lebih suka menyusu di malam hari tetap batasi waktunya. Jangan terlalu berlebihan karena membuat dia tidak nyaman dan sulit tidur. Sekira 90 persen bayi di atas usia enam bulan sudah tidak membutuhkan banyak minum ASI, karena dia sudah kenyang mendapatkan makanan pokok dari pagi hingga malam hari.

Buat kamarnya agar tetap nyaman

Si kecil juga membutuhkan ruang nyaman untuk tidur. Jika menggunakan AC di dalamnya, nyalakan dengan suhu 24 derajat. Jangan terlalu dingin dan membuatnya kegerahan atau berkeringat. Hal ini membuatnya sulit mengawali tidur di malam hari.

Atur strategi

Setiap ibu harus tahu rutinitas bayinya sepanjang hari. Terutama di malam hari, Anda harus mengatur waktu bermain dan jam tidurnya. Tak ada salahnya Anda mendisiplinkan waktu sejak bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

(hel)

Baca Juga

Selain Genetik, Punya Jenggot dan Kumis Sedikit Pertanda Pria Tidak Subur?

Selain Genetik, Punya Jenggot dan Kumis Sedikit Pertanda Pria Tidak Subur?