AWAS! Bahaya Komplikasi Sinusitis Jarang Disadari

AWAS! Bahaya Komplikasi Sinusitis Jarang Disadari

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

INFEKSI sinusitis terjadi ketika dinding rongga sinus meradang, sehingga menghalangi aliran udara masuk dengan normal. Meski sebagian besar sinusitis akut tidak memerlukan perawatan ekstensif, jika tidak diobati, infeksi tersebut menyebabkan komplikasi.

Dilansir Livestrong, Jumat (17/2/2017), berikut adalah lima komplikasi akibat sinusitis jika tak segera diatasi.

Sinusitis kronis

Sebuah infeksi sinus yang khas akan berlangsung dari beberapa hari sampai empat minggu. Setelah infeksi lebih dari empat minggu, penderita sinusitis akan mengalami gangguan polip hidung atau alergi yang parah. Setiap infeksi persisten menjadi tanda peringatan yang harus diwaspadai. Lebih baik konsultasikan dengan agar tidak berakibat fatal.

Infeksi selaput otak

Jika sinusitis diabaikan, bahayanya dapat mengarah pada infeksi selaput otak atau meningitis. Awalnya, penderita akan mengalami sakit di bagian mata, telinga, tenggorokan atau kepala. Jika sudah menyebar, rentan muncul bakteri yang bisa sampai ke otak yang harus dicegah.

Demam tinggi

Infeksi dari sinusitis juga bisa menyebabkan demam tinggi di atas 39 derajat. Akhirnya, kekebalan tubuh menurun dan sulit melawan infeksi. Bahkan, pada anak-anak rentan mengalami kejang.

Pembengkakan

Terjadi pula pembengkakan di sekitar mata atau dahi jika Anda telah mengalami sinusitis parah. Ini bisa menjadi tanda bahwa rongga mata Anda terinfeksi. Konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan obat pereda nyeri yang aman.

Gangguan mental

Penderita sinusitis juga bisa mengalami gangguan mental. Karenanya, sinusitis juga membahayakan otak yang membuat pasiennya sulit berpikir dan mengingat informasi penting dari orang lain.

(hel)

Baca Juga

Pentingnya Mengajarkan Anak Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Pentingnya Mengajarkan Anak Menyikat Gigi Sebelum Tidur