Psikiater Terkemuka Bantah Donald Trump Mengalami Kelainan Jiwa

Psikiater Terkemuka Bantah Donald Trump Mengalami Kelainan Jiwa

Psikiater terkemuka bantah Trump alami kelainan jiwa (Foto: Huffingtonpost)

TAK sedikit informasi yang berspekulasi bahwa Donald Trump memiliki gangguan kepribadian narsistik. Hal ini dibantah oleh seorang psikiater terkemuka asal Amerika Serikat.

Dr Allen Frances, profesor emeritus psikiatri di Duke University Medical College, mengatakan, banyak diagnostik amatir yang berpendapat bahwa Trump mengalami gangguan kepribadian narsistik. Hal ini diungkapkan Frnces dalam sebuah surat kepada New York Times.

"Ia mungkin seorang narsisis kelas dunia, tapi ini tidak membuatnya sakit jiwa. Ia tidak menderita dan perbaikan diperlukan untuk mendiagnosis gangguan mental," tulis Frances.

Sebuah gangguan kepribadian menyebabkan, gangguan dalam bidang sosial, pekerjaan, serta mengganggu peran keseharian orang tersebut. Sementara menanggapi isu Trump yang dinilai mengalami gangguan mental, Frances menegaskan, informasi ini merupakan penghinaan stigma terhadap penyakit mental dan seakan disamakan dengan Trump.

Pada 13 Februari silam, New York Times menerbitkan sebuah surat yang ditandatangani oleh 33 psikiater, psikolog, dan pekerja sosial.

"Kami percaya, ketidakstabilan emosional yang ditunjukkan oleh ucapan dan tindakan Trum membuatnya tidak mampu melayani masyarakat dengan aman sebagai presiden," tulis mereka.

Namun, Frances tidak setuju. Ia berujar, sebutan 'psikiater' disalahgunakan untuk meluncurkan serangan kepada Trump. Motivasi psikologis Trump begitu jelas dan sangat menarik untuk dibicarakan oleh masyarakat.

"Dan menganalisisnya (dengan stigma), tidak menghentikan perebutan kekuasaan Trump sebagai presiden," tukas Frances. Demikian dilansir dari NBCNews, Jumat (17/2/2017).

(hel)
Berita Rekomendasi Kesehatan Donald Trump

Baca Juga

<i>Guys</i>, Terlalu Sering Nge-<i>Gym</i> <i>Bikin</i> Libido Seks Sulit Memuncak

Guys, Terlalu Sering Nge-Gym Bikin Libido Seks Sulit Memuncak