Hugh Jackman ''Wolverine'' Blak-blakan soal Kanker Kulit yang Dideritanya

Hugh Jackman ''Wolverine'' Blak-blakan soal Kanker Kulit yang Dideritanya

Hugh Jackman blak-blakan soal kanker kulitnya

HUGH Jackman, aktor asal Australia ini membuka diri terhadap publik mengenai kanker kulit yang dideritanya. Untungnya, pertumbuhan kankernya belum berkembang ke organ lainnya.

Pria berusia 47 tahun itu mem-posting foto selfie-nya di Instagram dan menunjukkan plester besar pada batang hidungnya, pascaoperasi pengangkatan kanker kulinya.

"Sebuah contoh yang terjadi, ketika Anda tidak menggunakan tabir surya. Sel basal. Bentuk paling ringan dari kanker tapi serius, tetap saja (berbahaya)," tulis Jackman pada caption foto dalam bahasa Inggris.

Ini adalah kelima kalinya dalam dua tahun belakangan, Jackman mengalami pertumbuhan sel basal dan ia telah melakukan operasi pengangkatan sel tersebut.

Pada bulan Mei tahun lalu, ia mengungkapkan, dalam waktu 18 bulan dirinya mengembangkan empat kanker kulit. Dokter juga memberi peringatan, kemungkinan ada banyak kanker yang bisa tumbuh di masa yang akan datang.

Pertama kalinya, Jackman berhasil menjalani operasi pengangkatan kanker kulit pada November 2013.

Awalnya, saat ia syuting X Men: Days of Future Past, sang make-up artist melihat ada titik darah kecil di hidungnya. Istrinya, Deborra-Lee Furness, juga mendesak bintang Wolverine untuk segera memeriksakan ke dkter.

Ia juga mendapati kanker kedua melalui bintik gelap. Kemudian, kanker ketiga ditemukannya saat ia melihar darah pada hidungnya.

"Aku berpikir realistis, mungkin di masa depan aku memiliki satu atau lebih banyak kanker lagi," ungkap Jackman.

Perkembangan karsinoma sel basal ini merupakan bentuk paling umum kanker. Kanker ini bertumbuh dengan lambat dan jarang menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Biasanya kanker kulit berkembang akibat paparan sinar matahari, terutama pada wajah dan leher. Jackman mengingatkan kepada masyarakat bahwa kanker sejatinya bisa dicegah dengan rutin melakukan check up. Semoga kasus Jackman dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk mengenakan tabir surya sebelum terpapar sinar matahari. Demikian dilansir dari Dailymail, Jumat (17/2/2017).

(hel)

Baca Juga

Myeloma, Kanker Darah yang Sering Dianggap Orang sebagai Kanker Tulang

Myeloma, Kanker Darah yang Sering Dianggap Orang sebagai Kanker Tulang