Tips Membuat Sambal Terasi yang Lezat dan Menggugah Selera

Tips Membuat Sambal Terasi yang Lezat dan Menggugah Selera

Sambal pedas (Foto: Menshealth)

BAGI masyarakat Indonesia, sambal merupakan salah satu makanan pelengkap yang wajib disajikan dalam berbagai suasana. Mulai dari acara makan malam bersama keluarga, hingga acara pesta besar seperti pernikahan, tidak pernah terlepas dari sajian yang satu ini.

Berbicara soal sambal, salah satu jenis sambal yang paling digemari banyak orang Indonesia adalah sambal terasi. Sambal ini memiliki sensasi rasa gurih yang berasal dari lumatan udang rebon, serta campuran bumbu rempah-rempah lainnya.

Namun demikian, ternyata ada beberapa tips ampuh untuk membuat sambal terasi yang lezat dan menggugah selera. Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya, Senin (20/2/2017).

Pilihlah bahan-bahan yang masih segar

Anda bisa memulai dengan memilih cabai merah, bawang merah, tomat dan bumbu rempah-rempah lainnya yang masih segar. Cabai yang masih segar ditandai oleh warna merah mengkilat dengan tekstur yang masih kokoh dan tidak lembek.

Haluskan semua bahan

Ada dua cara ampuh untuk menghaluskan bahan-bahan yang telah tersedia. Jika Anda ingin membuat sambal dengan tekstur sedikit agak kasar dan masih terasa, Anda bisa mengulek bahan-bahan tersebut. Sementara itu, bagi Anda yang tidak ingin repot-repot, cukup haluskan bahan-bahan dengan menggunakan blender.

Tumis

Tahap berikutnya adalah menumis bahan-bahan yang telah Anda haluskan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memanaskan minyak goreng pada api sedang, lalu masukkan irisan tomat dan tunggu hingga agak matang. Setelah itu, masukan bumbu halus, garam, gula jawa, dan bahan lainnya. Tumis semua bahan hingga tercampur dan benar-benar matang.

(ren)

Baca Juga

RESEP NENEK: Cobain Sate Goreng atau Krengseng Daging, Olahan Daging Penggugah Selera

RESEP NENEK: Cobain Sate Goreng atau Krengseng Daging, Olahan Daging Penggugah Selera