Kenali Jenis-Jenis Pepes Khas Nusantara Paling Populer

Kenali Jenis-Jenis Pepes Khas Nusantara Paling Populer

Pepes jamur merang (Foto:Ilustrasi/Momylicious)

PEPES atau pais merupakan salah satu hidangan khas asli Jawa Barat, yang diolah dengan cara membungkus bahan makanan serta bumbunya menggunakan daun pisang. Setelah dibungkus, bahan makanan tersebut akan dipanggang di atas bara api.

Namun, tahukah Anda bahwa pepes memiliki berbagai varian berbeda? Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber.

Pepes ikan

A post shared by DEWI-IBHOT (@onleneibhot) on Mar 8, 2017 at 8:37pm PST


Sesuai dengan namanya, pepes jenis ini diolah menggunakan daging ikan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis ikan untuk membuat hidangan tersebut. Mulai dari ikan patin, ikan peda, ikan mas, hingga ikan kembung, masing-masing menawarkan cita rasa yang khas ketika diolah menjadi seporsi pepes lezat.

Pepes ayam


Untuk mengolah pepes ayam, Anda bisa menggunakan dua cara. Pertama menggunakan potongan daging ayam lengkap dengan tulangnya, atau menggunakan daging dada ayam filet. Selain itu, pepes ayam umumnya diolah menggunakan bumbu rempah-rempah pedas.

Pepes tahu & jamur


Selain daging ikan dan ayam, tahu dan jamur pun juga bisa loh diolah menjadi suguhan pepes lezat. Pepes jenis ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mereka yang menerapkan pola hidup vegetarian. Untuk membuat pepes tahu atau jamur yang lezat, Anda bisa menambahkan cabai dan tomat sebagai pelengkap dan penambah rasa segar.

(ndr)

Baca Juga

FOOD STORY: Lobster, Hidangan Mewah yang Awalnya Adalah Makanan Tahanan & Budak

FOOD STORY: Lobster, Hidangan Mewah yang Awalnya Adalah Makanan Tahanan & Budak