Cari Gunung di Yogyakarta, Coba Ke Gunung Api Purba Ngelanggeran

Cari Gunung di Yogyakarta, Coba Ke Gunung Api Purba Ngelanggeran

Ilustrasi Mendaki Gunung (Foto: Shutterstock)

WISATA di Yogyakarta dan sekitarnya memang tiada habisnya. Kalau Anda bosan berwisata budaya, Anda bisa melipir ke Gunung Kidul untuk menemukan berbagai pesona alam, di antaranya Gunung Api Purba Ngelanggeran.

Seperti namanya, gunung api ini sedikit berbeda daripada gunung lain yang diisi hutan lebat yang membuatnya sejuk. Gunung Api Purba didominasi bebatuan jenis karst, material vulkanik, yang terbentuk jutaan yang lalu.

Travel blogger dan pendaki populer yang dikenal dengan nama Anak Bebek pun pernah mengunjungi gunung tersebut dan mengakui kecantikannya. "Gunung Api Purba Ngelanggeran, aduhhhh tuh gunung cantik banget deh… gue suka banget! Gunung ini terletak di Patuk Gunung Kidul," tulisnya dalam blog pribadinya di theclumsyduck.com.

Meski puncaknya hanya 700 meter di atas permukaan laut, namun perjalanan ke atas cukup menantang. Belum lagi karena cukup terbuka, ketika matahari sedang terik, maka pendaki harus siap-siap kepanasan di siang hari.

"Jalur Gunung Api Purba itu gue bilang rawan bahaya loh, karena bebatuan dan bisa memiliki resiko cidera angkel atau terkilir. Ada jalur dimana gue harus pegangan tali tambang untuk mendakinya. Ada juga jalur yang lucu karena kita harus melewati celah yang sempit banget, kaya di goa gitu. Bagus lah pokoknya, jalurnya macem-macem. Tapi vegetasinya bukan hutan lebat yang adem gituh jadi memang berasa banget panas," tulisnya.

🙂🌳☘️🌞🙈🐵🌴🌳🌲 Я пришел к тебе с приветом, Рассказать, что солнце встало, Что оно горячим светом По листам затрепетало; . Рассказать, что лес проснулся, Весь проснулся, веткой каждой, Каждой птицей встрепенулся И весенней полон жаждой; . Рассказать, что с той же страстью, Как вчера, пришел я снова, Что душа всё так же счастью И тебе служить готова; . Рассказать, что отовсюду На меня весельем веет, Что не знаю сам, что́ буду Петь, — но только песня зреет. . ⟨1843 А. Фет⟩

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tetiana Melnyk (@tetiana.melnyk.ua) pada Mar 9, 2017 pada 6:32 PST

Tiket untuk masuk ke Gunung Api Purba sekitar Rp15.000. Adapun masyarakat atau wisatawan yang datang ke sana lebih suka berkunjung di malam hari.

Gunung ini juga dijadikan Kawasan Ekowisata yang dikelola oleh warga sekitar, loh. Banyak atraksi wisata yang ditawarkan, mulai dari kegiatan outdoor, bersepeda, flying fox, sampai kegiatan seperti menanam padi.

"So, kalau kalian ke Jogja coba deh sempetin mampir ke Gunung Kidul dan menikmati indahnya Gunung Api Purba Ngelanggeran. Cuma 1 - 1,5 jam mendaki sampai puncak, tapi harus dengan prosedur safety yah dan jangan pernah meremehkan," pesannya.

(fid)
TAG : gunung

Baca Juga

5 Wahana Paling Favorit di Ancol ketika Libur Lebaran

5 Wahana Paling Favorit di Ancol ketika Libur Lebaran