HORE! Makan Sendirian Bantu Turunkan Berat Badan Loh

HORE! Makan Sendirian Bantu Turunkan Berat Badan Loh

Ilustrasi (Foto: Theguardian)

KABAR gembira, bagi Anda yang tidak terbiasa makan dengan teman dapat mempercepat tujuan penurunan berat badan yang Anda harapkan. Karena saat makan sendirian, tak ada godaan untuk mencicipi makanan lain yang menambah kalori Anda.

Penelitian terbaru, yang dipresentasikan di pertemuan American Heart Association pekan lalu menemukan, 60 persen orang yang makan sendirian berhasil menurunkan berat badannya dengan cepat. Mereka lebih mampu membatasi kalori, karena lebih gampang memilih menu yang tepat.

Penelitian ini diikuti 150 orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap ideal. Studi dilakukan selama satu tahun.

Responden dalam penelitian ini diminta untuk membatasi kalori. Mereka yang paling sukses dalam menjaga pola makan mereka ketika mereka makan sendirian.

Sebaliknya, orang-orang yang bekerja dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama temannya tampak gagal kurus. 40 persen berkesempatan mengalami kenaikan berat badan.

Ahli Fisiologi juga Peneliti US John de Castro mengatakan, orang yang selalu sharing makan dengan teman-temannya, sebagian besar cukup sulit menurunkan berat badan. Di meja makan biasanya tersedia banyak makanan lebih dari dua jenis.

"Perempuan cenderung makan lebih banyak dari biasanya saat makan bareng teman. Hasilnya mereka lebih cepat gemuk," kata castro, dilansir Guardian, Selasa (14/3/2017).

Ada pula sebuah penelitian di Jurnal Appetite menunjukkan, orang-orang yang makan bersama di restoran cenderung memesan banyak makanan penuh lemak jenuh. Mereka cenderung memesan steak atau pasta, tapi jarang sekali pesan salad dan buah-buahan.

Belum lagi saat mengadakan pesta. Setiap orang juga cenderung mengonsumsi banyak minuman beralkohol dan kue-kue serba manis lainnya. Makan besarnya pun memilih menu pizza dan aneka junk food yang mudah dibeli.

(hel)

Baca Juga

Viral! Bocah 10 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya yang Melahirkan Prematur

Viral! Bocah 10 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya yang Melahirkan Prematur