Bisakah Pasien Meningitis Babi Sembuh dari Serangan Bakterinya?

Bisakah Pasien Meningitis Babi Sembuh dari Serangan Bakterinya?

Ilustrasi (Foto: Foxnews)

MENINGITIS babi terjadi akibat infeksi virus Meningitis Streptococcus Suis (MSS). Bila diobati dengan tepat, pasien akan terhindar dengan dampak buruk yang tak diharapkan seperti ketulian.

Dijelaskan Spesialis Saraf dari RS Awal Bross Evasari Jakarta dr Lilir Amalini SpS, pasien meningitis babi dapat sembuh. Tetapi tergantung dari golden period pertolongan pertamanya, serta daya tahan tubuhnya. (Baca: Pemkab Tabanan Imbau Warga dengan Gejala Meningitis Babi Segera ke Puskesmas)

"Seberapa cepat terdeteksi dan kalau daya tahan tubuh pasien bagus bisa cepat ditangani sesuai," kata dr Lilir saat dihubungi Okezone lewat pesan singkat, Selasa (14/3/2017).

Tahapan pengobatan, terang dr Lilir, pasien diberikan antibiotik untuk meredakan infeksi bakteri. Pemberiannya diberikan kurang lebih dalam waktu 14 hari. (Baca: Terduga 3 Warga Tabanan Terjangkit Meningitis Babi)

"Penanganan selanjutnya dapat juga disertai dengan pemberian terapi kortikosteroid. Pasien dapat sembuh total atau meninggalkan gejala sisa seperti gangguan pendengaran," ungkap dr Lilir.

Sayangnya, bila pasien terlambat ditangani dapat berisiko pada kematian. Terjadinya sekira tujuh persen hingga 30 persen.

"Tapi sebelum itu, pasien juga dapat mengalami koma dalam waktu yang lama. Makanya harus segera dicegah agar tidak berisiko komplikasi," tegas dr Lilir.

(hel)

Baca Juga

Awas! Penyakit Serius Ini Banyak Terjadi Setelah Lebaran

Awas! Penyakit Serius Ini Banyak Terjadi Setelah Lebaran