Masak Daging Babi Sampai Matang agar Tak Memicu Meningitis dari 3 Jenis Kumannya

Masak Daging Babi Sampai Matang agar Tak Memicu Meningitis dari 3 Jenis Kumannya

Ilustrasi (Foto: Foodal)

BABI memiliki banyak jenis bakteri yang dapat memicu meningitis. Karena itu, sebelum mengonsumsinya Anda harus memasak dagingnya sampai matang.

Spesialis Saraf dr Frandy Susatia SpS menjelaskan, di dalam tubuh babi tedapat tiga jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi radang selaput otak. Antara lain yakni meningitis streptococcus suis, cysticercosis dalam dagingnya, serta listeria monocytogenesis.

"Di babi gak ada virus dan jamur. Adanya tiga jenis bakteri yang bisa menyebabkan meningitis. Belum lagi dari cacing pitanya yang berbahaya juga," terang dr Frandy kepada Okezone saat ditemui di ruang praktiknya, Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (14/3/2017).

Dia menambahkan, tiga jenis bakteri itu tak hanya terdapat di bagian dagingnya saja. Orang yang kontak dengan kulit dan kotoran babi pun bisa kena meningitis.

Kalau ingin makan dagingnya, dr Frandy mengingatkan agar Anda mengonsumsi daging yang benar-benar dimasak sampai matang. Jika pengolahannya tepat, semua bakteri dan kuman bisa mati.

"Kan orang sering masak daging gak sampai well done, kalau daging babi gak boleh, jadi harus dimasak sampai matang," katanya.

Selain itu, dr Frandy juga tak menyarankan Anda untuk makan daging babi awetan. Risiko penyebaran kuman dan bakteri pun semakin besar.

(hel)

Baca Juga

<i>Waduh</i>, Sampah yang Sulit Diurai Timbulkan Gas Metana Berbahaya

Waduh, Sampah yang Sulit Diurai Timbulkan Gas Metana Berbahaya