Makanan yang Anda Letakkan di Piring Menentukan Berat Badan Anda

Makanan yang Anda Letakkan di Piring Menentukan Berat Badan Anda

Ilustrasi (Foto: Readerdigest)

MENGONTROL porsi makan menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Kadang kala sulit rasanya untuk mengontrol pengambilan makanan di atas piring. Seakan semuanya ingin dilahap.

Untuk menghindari lapar mata, tanamkan pola makan setengah porsi dari porsi yang biasanya Anda makan. Menurut Liza Moskovitz, RD, CEO dari NY Nutritionn Group, menyampaikan bahwa porsi makan yang tidak terkontrol menjadi penyebab utama masalah kenaikan berat badan dan obesitas.

"Setidaknya 50 persen populasi kerap menghabiskan waktu untuk makan di luar seminggu sekali, perlu diakui kalau kita tidak pintar mengoreksi porsi makan yang seharusnya," jelas Moskovitz.

Sonya Angolene, ahli diet dari Academy of Nutrition and Dietetics, pun setuju dengan pendapat Moskovitz. Seseorang cenderung makan apa saja ketika disuguhkan sajian prasmanan, baik itu porsi besar atau kecil.

Cara terbaik dengan mengambil setengah porsi dari porsi yang biasa Anda makan. Metode ini melatih Anda untuk fokus menikmati makanan berdasarkan kualitas, dibandingkan kuantitas.

Makan dengan porsi yang lebih kecil membantu Anda memotong kalori harian dan mendukung penurunan berat badan. Bila Anda masih lapar, pilihlah sayuran, buah-buahan, atau daging yanpa lemak. Campurkan pula makanan berbasis gandum untuk membuat perut lebih kenyang dengan cara yang sehat.

Moskovitz juga mengingatkan untuk minum segelas air sebelum Anda makan besar. Trik ini membantu Anda terasa lebih kenyang. Selain itu, memastikan apakah Anda betul-betul merasa lapar atau hanya haus sesaat. Terkadang kita tidak begitu bisa sungguh-sungguh membedakan antara perasaan lapar dan haus. Demikian dilansir dari Womenshealthmag, Rabu (15/3/2017).

(hel)

Baca Juga

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal