Beda Bahan, Beda Juga Cara Mencuci Mukena

Beda Bahan, Beda Juga Cara Mencuci Mukena

Mukena (Foto: Shutterstock)

MUKENA atau pakaian untuk salat bagi muslimah merupakan unsur penting dalam beribadah. Mukena harus bebas dari najis atau kotoran agar ibadah semakin sempurna.

Karenanya, kebersihan mukena harus sangat diperhatikan. Baik dalam hal pencuciannya atau penyimpanannya.

Mukena umumnya berbahan sutera, katun dan spandex yang lembut. Sehingga pencuciannya pun harus diimbangi agar mukena senantiasa awet. Berikut Okezone rangkum tips mencuci mukena dengan benar sesuai dengan bahannya.

Sutera

Bahan sutera sangat halus sehingga diperlukan perawatan yang ekstra untuk mencuci mukena berbahan ini. Mencucinya bisa dengan detergen khusus bayi bila tidak punya bisa digantikan dengan detergen biasa dan mengubah takaran menjadi setengah genggam. Cara mencucinya, rendam mukena, kucek perlahan, bilas dengan air mengalir. Kemudian jemur tanpa diperas.

Katun

Bahan ini dikenal sejuk, tak heran banyak mukena dibuat dengan bahan ini. Anda bisa mencucinya dengan menggunakan mesin cuci dibarengi dengan bahan yang lainnya. Pengeringannya, jangan sampai terpapar sinar matahari langsung, karena warna mukena bisa cepat pudar.

Spandex

Untuk bahan ini baiknya cuci mukena dengan menggunakan tangan. Serat spandex mudah rusak jika menggunakan mesin cuci. Rendam mukena dengan detergen sekaligus dengan pelembut atau detergen yang mengandung pelembut. Kemudian kucek dan bilas sampai bersih. Setelah itu jemur seperti biasa.

(dno)
fashionhijab

Baca Juga

Make-Up Mulai Luntur? <i>Yuk Touch Up</i> Singkat dengan Cara Ini!

Make-Up Mulai Luntur? Yuk Touch Up Singkat dengan Cara Ini!