Heboh Group Pedofil Online, Anak Tidak Hanya Jadi Korban! Awas Bisa Jadi Pelaku Juga

Heboh Group Pedofil Online, Anak Tidak Hanya Jadi Korban! Awas Bisa Jadi Pelaku Juga

Melindungi anak dari pedofil (Foto: Blisstree)

BERKALI-KALI kasus kekerasan seksual terhadap anak ditutup, selalu terbuka dan muncul lagi. Baru-baru ini terkuak adanya group pedofil online di media sosial yang memuat gambar-gambar saat pelaku menyerang korban yang merupakan anak-anak.

Mengamati kasus ini, Psikologi Klinis, Kasandra Putranto mengatakan, anak-anak bukan saja berpotensi menjadi korban, tetapi juga pelaku. Ia pun menjelaskan mengapa anak bisa terjerumus menjadi pelaku.

"Pada dasarnya segala masalah Psiko sosial ini (narkoba, kekerasan seksual, tawuran, judi, adiksi game, dan lainnya) adalah terkait masalah perilaku," tutur Kasandra kepada Okezone, Rabu (15/3/2017).

Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini menerangkan, ketika bicara perilaku kita bicara proses tumbuh kembang yang menentukan kualitas otak anak, brain and behavior. Anak- anak tumbuh dan berkembang menjadi pelaku Sementara, anak-anak lain tumbuh dan berkembang menjadi korban.

"Mengapa? Karena pada dasarnya otak mereka adalah otak yang belum sempurna, mereka belum memiliki kemampuan mengambil keputusan Sementara dorongan impulse mereka mendesak dan terutama mereka tidak terlatih Untuk mengendalikan diri. Sehingga mudah sekali terpengaruh perilaku negatif, seperti menjadi pelaku pedofil," terangnya lebih lanjut.

Orangtua juga tidak memerhatikan pertumbuhan mereka secara maksimal. Mulai dari berat badan mereka saat dilahirkan, kualitas gizi, kualitas stimulasi, cinta dan kasih sayang, kegiatan edukatif, gerak dan olah tubuh.

"Perhatikan saja para pelaku pasti berasal dari keluarga yang tidak memerhatikan proses tumbuh kembang anak dengan maksimal. Sehingga, mereka tidak dapat mengendalikan diri," paparnya.

(slv)
TAG : heboh

Baca Juga

Sungguh Menyayat Hati! Cari Uang untuk Kekasih, Malah Selingkuh dengan Sahabat Sendiri

Sungguh Menyayat Hati! Cari Uang untuk Kekasih, Malah Selingkuh dengan Sahabat Sendiri