Ini Alasan yang Membuat Anda Harus Liburan ke Hanoi, Vietnam (Part-1)

Ini Alasan yang Membuat Anda Harus Liburan ke Hanoi, Vietnam (Part-1)

Keindahan Wisata Hanoi, Vietnam (foto: Dada Sathilla/Okezone)

BILA berkunjung ke Vietnam, biasanya orang Indonesia lebih memilih berkunjung ke Ho Chi Minh City (Saigon). Selain lebih dekat, Ho Chi Minh City juga merupakan kota bisnis yang lumayan modern.

Tapi sebagai Ibu Kota Vietnam, Hanoi memiliki daya tarik yang unik bagi wisatawan. Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus mengunjungi Hanoi.

(foto: Dada Sathilla)

Cuaca dingin dan segar

Hanoi terletak di Vietnam bagian utara yang dekat dengan perbatasan darat Tiongkok. Makanya kota ini memiliki 4 musim. Dari bulan Desember hingga Maret, cuaca di Hanoi lumayan dingin berkisar antara 15 – 20 derajat celcius.

Musim dingin di Hanoi enak dinikmati oleh kita yang terbiasa dengan iklim tropis. Tak perlu jauh – jauh ke eropa atau asia timur, kita bisa menikmati sejuknya udara musim dingin di asia tenggara meski tanpa salju.

Kota cantik penuh bangunan bersejarah

Hanoi memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak masa pendudukan Tiongkok. Kemudian Hanoi sempat menjadi ibukota administratif saat masa pendudukan Perancis di kawasan Indochina (Vietnam, Kamboja dan Laos).

Lalu menjadi ibukota Vietnam utara semasa perang Vietnam hingga akhirnya menjadi ibukota Vietnam sejak perang saudara berakhir pada 1976. Pada tahun 2010 lalu, Hanoi merayakan hari jadinya yang keseribu. Dengan sejarah panjang seperti ini tak heran bila ada banyak bangunan bersejarah dengan beberapa gaya arsitektur seperti gaya kolonial Perancis, Tiongkok dan Vietnam.

(foto: Dada Sathilla)

Salah satu distrik utama di Hanoi, Ba Dinh juga disebut sebagai french quarter dikarenakan banyaknya bangunan cantik bergaya kolonial Prancis. Bangunan cantik di distrik ini sebenarnya merupakan kantor pemerintah.

Selain bangunan bergaya kolonial Prancis, ada banyak bangunan bergaya arsitektur Tiongkok seperti Temple of Literature yang merupakan universitas pertama di Vietnam. Anda juga akan menjumpai banyak pagoda dan kuil di banyak titik di Hanoi.

(foto: Dada Sathilla)

(fid)
TAG : liburan
1 / 2

Baca Juga

OKEZONE STORY #1: Saptoyo, "Saya Bahagia Habiskan Masa Kecil di Hutan Mangrove"

OKEZONE STORY #1: Saptoyo, "Saya Bahagia Habiskan Masa Kecil di Hutan Mangrove"