Tengkuk Leher Terasa Sakit, Hati-Hati Gejala Meningitis Babi

Tengkuk Leher Terasa Sakit, Hati-Hati Gejala Meningitis Babi

Ilustrasi (Foto: Healthtap)

KARENA makan daging babi yang tidak matang bisa memicu meningitis. Gejala yang perlu diingat yakni bagian tengkuk leher terasa nyeri yang harus diwaspadai.

Meningitis babi bisa berasal dari infeksi kuman dan bakteri. Penyakit ini bisa menimbulkan gejalanya yang bisa dibedakan. (Baca: Terduga 3 Warga Tabanan Terjangkit Meningitis Babi)

"Paling sering gejalanya yaitu sakit kepala. Tapi yang beda, orang akan mengalami sakit di bagian tengkuk leher. Kalau menunduk dagunya rasanya sakit sekali," kata Spesialis Saraf dr Frandy Susatia SpS saat ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa 14 Maret 2017.

Di samping itu, lanjut dr Frandy, pasien meningitis babi juga dapat mengalami demam, mual dan muntal. Bahkan, gejala lebih lanjut yakni pasien mengalami perubahan status mental.

"Gejalanya bisa terjadi selama tiga sampai tujuh hari setelah terpapar. Kalau sudah kelihatan gejalanya harus temui dokter," tambah dr Frandy.

Meningitis babi terjadi akibat tiga paparan kuman berbahaya. Antara lain streptococcus suis, cysticercosis, dan listeria. (Baca: Pemkab Tabanan Imbau Warga dengan Gejala Meningitis Babi Segera ke Puskesmas)

Bahkan, menurut dr Frandy, paparan bakteri itu tak hanya memicu radang selaput otak, tetapi dapat juga menginfeksi organ tubuh yang lainnya.

"Bakteri-bakteri dari babi ini juga bisa menyebabkan sumbatan usus, infeksi paru-paru, diare, dan lainnya. Tergantung cacing dan bakterinya mau berkembang biak di mana," pangkasnya.

(hel)

Baca Juga

Tak Disangka, Ternyata 8 Anggapan tentang Masturbasi Ini Salah Besar

Tak Disangka, Ternyata 8 Anggapan tentang Masturbasi Ini Salah Besar