Moms, Perhatikan Bentuk dan Bahan Mainan yang Tepat untuk Anak

Moms, Perhatikan Bentuk dan Bahan Mainan yang Tepat untuk Anak

Memilih mainan anak (Foto: Loringtheater)

MAINAN merupakan salah satu sarana pendukung pembantu tumbuh kembang anak. Karena itu, memilih mainan untuk anak tidak boleh sembarangan.

Salah satu yang harus diperhatikan ketika membeli mainan anak adalah bentuk dan bahan-bahannya. Pastikan kedua hal tersebut tidak berbahaya untuk anak-anak.

"Bahannya harus aman. Bahan dan warnanya harus aman. Karena, anak bisa masukin (mainan) ke mulut dan cium-cium," ujar Aming Widjaja, Director IndoPassion Marketing belum lama ini di Jakarta.

Aming menegaskan, keamanan dari mainan adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika membeli mainan untuk anak-anak. Sebab tanpa disengaja, anak-anak mungkin akan memasukkan mainan ke dalam mulut ketika sedang bermain.

Hal ini justru akan menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang jika bahan mainan terbuat dari material yang tidak aman. Karena itu, Anda harus memilih mainan yang telah melalui tes laboratorium dan dinyatakan aman.

Demikian pula dengan bentuk mainan yang harus diperhatikan. Jangan beli mainan dengan bentuk yang tajam karena dapat melukai badan anak. Sebab, anak-anak terkadang tidak bisa mengontrol diri saat bermain.

"Bentuk juga sama, yang pasti tidak boleh tajam karena bisa melukai badannya. Karena anak kadang tidak bisa kontrol. Sehingga kalau kemakan pun tidak beracun," pungkas Aming.

(vin)

Baca Juga

Buat Kamar Mandi Makin Segar dengan Sentuhan Bunga

Buat Kamar Mandi Makin Segar dengan Sentuhan Bunga