Lantai Kayu Mudah Lapuk, Begini Cara Merawat yang Benar!

Lantai Kayu Mudah Lapuk, Begini Cara Merawat yang Benar!

Dekorasi lantai kayu (Foto: Nbcnews)

BERANI mengambil keputusan menggunakan lantai kayu untuk bangunan rumah, berarti Anda juga harus siap memelihara kualitas kayu agar tidak mudah rusak. Sebab, kesalahan membersihkan lantai kayu berakibat kayu cepat lapuk.

Untuk itu, sebagai pengguna lantai kayu Anda perlu belajar bagaimana membersihkan lantai agar tetap terpelihara kualitasnya. Berikut ini cara merawat lantai kayu yang benar, seperti dilansir Bona, Jumat (17/3/2017).

Jadwal harian

Membersihkan lantai kayu dari debu untuk sehari-hari bisa dengan mengepel microfiber. Dengan pembersih debu listrik ini, kotoran dan partikel debu akan terangkat. Berbeda dengan menggunakan sapu, debu akan terbang lalu menempel ke tempat lain.

Jadwal mingguan

Untuk pemeliharaan mingguan, gunakan vacuum mop agar debu-debu di sela lantai yang sulit dijangkau saat membersihkan sehari-hari dapat terangkat. Hati-hati menggunakan alat yang satu ini, sebab roda pada vacuum dapat menggores lantai kayu, jadi gunakan pelan-pelan.

Jadwal bulanan

Untuk beberapa jenis kayu, butuh polesan lagi guna menjaga kilaunya. Cek setiap bulan bagian-bagian lantai kayu tergores, kemudian tambal dengan polish wood. Ini bukan tugas yang sulit.

Sebagai catatan, hindari menggunakan air dan cuka, pembersih berbasis sabun, atau lilin untuk membersihkan lantai kayu. Sebab, penggunaan terus-menerus dapat menyebabkan lantai kayu cepat lapuk.

(vin)

Baca Juga

<i>Yuk Intip</i> Desain Kamar Mandi Bertaman yang Bikin Mata Adem

Yuk Intip Desain Kamar Mandi Bertaman yang Bikin Mata Adem